4 Film Bencana Alam Dahsyat Terpopuler

Baru-baru ini, bioskop di Indonesia kembali menayangkan salah satu film besar Hollywood. Kali ini film dari Hollywood ini mengangkat tema bencana alam dengan berjudul San Andreas. Film ini diadopsi dari keadaan alam yang ada di California, dimana terdapat retakan bumi yang panjangnya mencapai 1303 km.

film bencana alam tersadisRetakan yang terjadi di Bumi Amerika Serikat ini membuat beberapa daerah yang ada di California menjadi daerah yang sangat rawat terhadap gempa. Selain film San Andreas tersebut, masih banyak lagi film bencana alam yang menggambarkan sisi keganasannya. Dari film-film tersebut, bisa dicermati dan juga digali sisi positif mengapa bencana tersebut bisa terjadi. Berikut beberapa judul film bencana alam yang lainnya :

1. Earthquake (1974)

Film Bencana Alam Earthquake (1974)
Film Bencana Alam Earthquake (1974)

Jauh sebelum adanya film San Andreas, dulu sudah ada film bencana alam yang mengekspos terjadinya bencana gempa bumi dahsyat. Film ini fokus pada proses terjadinya gempa bumi yang cukup besar yang menerjang Los Angeles, Amerika Serikat. Film ini mengcover berbagai cerita dari sudut pandang yang berbeda. Film Earthquake ini diperankan oleh artis-artis Hollywood klasik, seperti Ava Gardner, Charlton Heston, Lone Greene, Barry Sullivan dan juga George Kennedy.

2. Twister (1996)

Film Becana alam Twister (1996)
Film Becana alam Twister (1996)

Film bencana alam yang satu ini diangkat dari fenomena bencana alam tornado yang menyerang Amerika Serikat, tepatnya di kota Oklahoma. Kota ini terkenal dengan daerah yang langganan bencana tornado. Film ini disutradarai oleh Jan de Bont. Film ini menceritakan ada salah satu reporter berita perkiraan cuaca yang sedang mengikuti sang istri yang profesinya adalah pemburu tornado. Istri dari reporter tersebut sangat terobsesi untuk mengkuak misteri pembentukan bencana tornado, sehingga ia dapat menciptakan sistem yang bisa digunakan untuk peringatan adanya bencana tornado sejak dini.

3. Dante’s Peak (1997)

Film becana alam Dante’s Peak (1997)
Film becana alam Dante’s Peak (1997)

Film ini menceritakan bencana alam gunung berapi. Film ini dibintangi oleh 2 artis besar Hollywood pada masanya, yakni Linda Hamilton dan Pierce Brosnan. Film ini menggambarkan sebuah kota yang merupakan kota ternyaman kedua untuk di tinggali di Amerika. Akan tetapi hal tersebut berubah saat ada sebuah gunung berapi yang sudah lama mati tiba-tiba aktif kembali. Film Dante’s Peak ini menampilkan ganasnya lahar gunung berapi, baik itu dalam kondisi dingin maupun panas.

4. The Imposible (2012)

film becana alam The Imposible (2012)
film becana alam The Imposible (2012)

Seluruh warga Asia terutama Indonesia pasti masih sangat ingat dengan bencana gempa serta tsunami yang melanda kota Aceh. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami kerusakan parah. Film ini memang tidak mengadopsi semua cerita atau kisah yang ada pada bencana tsunami tersebut. Akan tetapi film ini fokus pada kisah salah seorang warga turis yang berasal dari Amerika yang pergi ke negara Thailand guna merayakan natal. Sehari hari setelah perayaan natal, pada pagi hari ia berjalan seperti biasanya. Namun secara tiba-tiba ada sebuah dentuman yang cukup keras sehingga menyebabkan gempa dan juga gelombang tsunami. Banyak sekali warga yang hanyut, termasuk turis tersebut.

Yusuf Fikri

Mahasiswa yang lebih sering memandangi Monitor Komputer di Kantor (baca : Kamar) dari pada Papan Tulis di Kampus.