5 Menu Ta’Jil Untuk Buka Puasa yang Biasa Hadir di Indonesia

Bulan Ramadhan telah hadir. Umat Muslim dunia menyebutnya sebagai bulan untuk beribadah. Begitu pun di tanah air di sini. Umat muslim semakin giat untuk melakukan ritus peribadatan dengan berpuasa dan melakukan amal kegiatan.

Kegiatan berpuasa ini dilakukan menjelang waktu terbitnya mentari dan diakhiri saat mentari senja tenggelam. Nah, di tanah air kita ini ada menu-menu ta’jil yang biasa ditemui. Ingin tahu apa menu ta’jil favorit yang biasa ada di tanah air? Ini di antaranya:

1. Kolak Pisang

es kolak pisang
es kolak pisang—tempatonlineku.net

Nah ini semacam menu wajib yang pasti selalu ada di seluruh penjuru Indonesia. Kolak pisang ini terdiri dari pisang, santan, gula, dan biasanya ada ubi manisnya juga.

2. Es Kelapa Muda

kelapa muda
kelapa muda

Pelepas dahaga seusai berpuasa seharian terasa cocok dengan es kelapa muda. Parutan kelapa muda, dan segarnya air kelapanya.

3. Sup Buah

sup buah—/srirahayu150976.blogdetik.com/
sup buah—/srirahayu150976.blogdetik.com/

Minuman favorit pelepas dahaga alternatif lainnya. Ragam buah dipadukan menjadi satu dan diolesi dengan susu.

4. Es Pisang Ijo

es pisang ijo—bandung.panduanwisata.id/
es pisang ijo—bandung.panduanwisata.id/

Selain itu ada pula rekomendasi es pisang ijo. Tentu berbahan dasar pisang, tetapi berjenis pisang ijo. Es pisang hijau disajikan dengan bubur sumsum, es serut, sirup merah coco pandan, susu kental manis. Dan tak lupa biasanya juga ditambahkan toping seperti kacang merah, meses, atau keju di atasnya.

5. Gorengan

gorengan
gorengan

Walau disebut kurang menyehatkan. Tetapi ini memang juara bagi lidah orang Indonesia. Apalagi disajikan dalam kondisi hangat-hangat enak.

Ada tambahan lain yang enak-enak untuk buka puasa? Sila tambahkan.

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.