5 Nama Band Indonesia Yang Memunyai Nama Serupa

Kelompok Musik

Pemberian nama terhadap suatu hal memang rentan terjadi perulangan serupa. Karena setiap ide di kepala manusia adakalanya terdapat kesamaan. Maka sudah lumrah apabila suatu nama suatu orang bisa saja sama dengan orang yang lain. Itu pun terjadi juga pada pemberian nama-nama band. Band-band di Indonesia inilah yang akan Beranda ulas dalam topik nama band di Indonesia yang memiliki nama serupa dengan band di wilayah lain.

Adapun ke-5 band di Indonesia berikut yang memiliki nama sama adalah band yang cukup memiliki gaung di sini. Begitu juga halnya dengan nama band yang memiliki nama sama di wilayah lainnya. Walau terkadang band yang memiliki nama sama tersebut bisa saja berbeda genre musik, tapi lebih lucu apabila mengusung konsep yang sama. Sehingga untuk membedakan band tersebut, harus menambahkan sebutan berasal dari mana band itu.

Nah, mari kita berkenalan dari 5 band-band Indonesia berikut yang memiliki nama serupa dengan nama band di belahan bumi lainnya:

1. SARASVATI

Sarasvati adalah nama salah satu dari tiga dewi utama dalam agama Hindu. Saraswati adalah sakti (istri) dari Dewa Brahma, Dewa Pencipta. Saraswati berasal dari akar kata sr yang berarti mengalir. Jadi, Sarasvati tentu mengandung arti kebaikan. Sehingga kemudian salah satu band mengambil inspirasi untuk menjadikannya nama grup musiknya.

SARASVATI (Jepang)

Adalah band beraliran synthpop/goth dari negeri Sakura, menamai dirinya SARASVATI. Kurang banyak informasi yang bisa ditemukan mengenainya, namun terdapat sebuah video karya musik band SARASVATI dari Jepang tersebut.

Sarasvati Music (Bandung, Indonesia)

Ini adalah proyek musik milik Risa Saraswati. Dara yang berasal dari Bandung ini memiliki genre musik pop dengan atmosfer yang gelap dan menakutkan. Tema-tema yang diangkat dalam lagu-lagunya pun sendu yang mengarah ke hal-hal dunia kematian dan mistis. Kadang juga, perpaduan musik etnis sunda menjadi kolaborasi menarik, salah satunya ada di lagu Bilur.

Performansi saat di panggung pun selalu tampil maksimal dengan kostum dan dandanan seperti pada film horror. Rekomendasi musik non-mainstream yang juga penulis sukai.

sarasvati music bandung
http://www.sarasvatimusic.com/review-astalaras-sarasvati-by-clestopia/

2. GIGI

Gigi The Band (Canada)

Vancouver adalah wilayah di daratan Kanada, terdapat band yang bernama Gigi. Aktif sejak tahun 2005 dan memainkan musik indie pop dengan pengaruh gaya-gaya dari tahun 50-an dan 60-an.

Debut albumnya yang berjudul Maintenant pada tahun 2010 mendapatkan respon positif dari berbagai media. Single di album tersebut sering diputar di radio-radio Kanada. Namun sampai saat ini, mereka belum mengeluarkan lagi album atau bahkan materi terbarunya.

gigi the band canada
myspace.com/gigitheband


Gigi (Bandung, Indonesia)

Jika menilik arti maksud katanya, gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Tapi, barudak-barudak Bandung ini membawa “alat untuk mengunyah” tersebut menjadi nama sebuah grup. Tersebutlah, Gigi, band legenda di Indonesia.

Gigi mengusung jenis musik pop dan rock. Kelompok ini berdiri pada tanggal 22 Maret 1994, dengan format awal Aria Baron, Thomas Ramdhan, Ronald Fristianto, Dewa Budjana dan Armand Maulana.

gigi musik bandung indonesia
http://newsmusik.co/news/images/image_conten/gigi/1/GIGI1.jpg

3. Noah

Noah adalah nama dari seorang Nabi suci yang dikisahkan di kitab suci agama-agama Abrahamik. Hingga akhirnya kini menjadi nama-nama kelompok musik ini.

Noah Duo (Denmark)

Berasal dari negara Denmark. Dengan dua orang personil, yang berdirikan sejak tahun 2008, Noah dari Denmark ini mengusung musik beraliran pop.

noah duo denmark
http://inemendable1.rssing.com/chan-2187684/all_p279.html

NOAH (Sebelumnya: Peterpan)

Adalah Peterpan, band yang digawangi oleh Ariel berhasil melambungkan nama Peterpan menjadi banyak penggemarnya. Namun di penghujung tahun 2010, Ariel terkena kasus skandal, yang membawa Peterpan pun bubar. Sesudahnya, bertransformasi menjadi Noah.

noah bandung
http://www.bisingnews.com/di-hong-kong-noah-paling-sering-diputar-di-radio/

4. Float

Float (Serbia)

Float, sebuah proyek musik elektronik yang dibuat oleh Vladimir Mihajlovic dari ibukota Serbia Beograd pada tahun 2008.

float serbia
http://www.wickedforest.org/music/Float/

Float (Indonesia)

Kalau di Indonesia, Float adalah kelompok Indonesia yang dibentuk oleh komposer / penyanyi / gitaris Hotma “Meng” Roni Simamora & gitaris Windra “Bontel” Benyamin. Kemudian pada film Mira Lesmana yang berjudul “3 Hari Untuk Selamanya”, Float berkesempatan mengisi original soundtracknya. Sehingga namanya menjadi lebih melambungkan lagi.

float musik indonesia
http://ayorek.org/wp-content/uploads/2014/03/10-Float-820×546.jpg

5. Tulus

Tulus (Norwegia)

Tulus adalah kelompok musik black metal asal Norwegia. Pertama kali mengeluarkan album pada tahun 1996 yang berjudul Pure Black Energy, dan sudah mengeluarkan sebanyak 4 album terhitung sampai tahun 2012. Hingga kini kelompok musik Tulus dari Norwegia ini masih aktif.

tulus norwegian black metal

Tulus (Indonesia)

Jika di Indonesia, Tulus adalah seorang penyanyi pop-jazz. Memiliki nama lengkap Muhammad Tulus dan menuliskan nama Tulus sebagai nama panggungnya. Saat ini, nama Tulus diterima baik di kalangan penikmat musik di Indonesia.

tulus gajah indonesia

Ya, begitulah sekilas adanya mengenai adanya kesamaan dalam hal pemberian nama pada musisi-musisi di berbagai wilayah. Perlu diketahui juga, kredit diberikan kepada gigsplay.com untuk inspirasi pada artikel ini. Dan mungkin, sebenarnya lebih banyak lagi nama band yang memunyai nama serupa tetapi belum terjangkau.

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.