Kompilasi Musik Musik Lokal Ragam

Ga Cuman Young Lex, Indonesia Juga Punya 6 Rapper Keren Yang Penuh Prestasi Ini

Oleh -

Nama Young Lex beberapa hari ini jadi pembicaraan hangat karena komentarnya yang merendahkan Iwa K. Namun bukan kali ini saja Young Lex membuat sensasi, meski ujung-ujungnya memicu komentar pedas dari banyak orang.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa musisi lain yang menekuni genre musik serupa dengan Young Lex.  Mereka terbilang cukup berprestasi, dan karaya-karanyanya pun patut diperhitungkan. Inilah mereka 6 diantara para rapper berprestasi di Indonesia itu.

1. Iwa K

Iwa K yang kini tengah berseteru dengan Young Lex jadi legenda rapper Indonesia hingga saat ini~detik.com
Iwa K yang kini tengah berseteru dengan Young Lex jadi legenda rapper Indonesia~detik.com

Nama Iwa K cukup lama malang melintang di duia musik Hip Hop Indonesia. Dari laman Wikipedia, Iwa K dikenal sebagai “seorang pelopor musik rap berkebangsaan Indonesia”. Mengawali karier di tahun 80an, Iwa cukup berani mengusung musik rap saat pop tengah digandrungi anak muda saat itu. Hasilnya? Hingga kini Iwa disebut sebagai rapper legendaris Indonesa, dengan segudang prestasi. Lewat album Topeng, Iwa berhasil menyabet BASF Award. Tahun 1995, ia juga berhasil menyabet Platinum untuk single Bebas. Iwa juga tampil di Festival budaya Asia dan festival musik Asia di Fukuoka dan Tokyo, Jepang tahun 1995 yang lalu. Pria 40 tahun ini juga menerima penghargaan AMI Awards untuk video klip favorit. Diluar itu, Iwa K juga dikenal sebagai presenter olah raga mumpuni yang tiga kali menyabet penghargaan Panasonic Award, sebagai Pembawa Acara Olah Raga Pria Terbaik.

2. Denada

Sebelum banting setir jadi pedangdut, denada juga dikenal sebagai rapper berbakat dan cukup mumpuni~okezone.com
Sebelum banting setir jadi pedangdut, Denada juga dikenal sebagai rapper berbakat~okezone.com

Sebelum banting setir ke musik dangdut, Denada awalnya dikenal sebagai musisi rap wanita yang cukup mumpuni. Putri aktris senior Emilia Contessa ini bahkan mendapat predikat sebagai  “rapper papan atas Indonesia pada awal 1990-an”. Sepanjang kariernya sebagai musisi Rap, Denada telah menelurkan dua album yakni Kujelang Hari (Sambutlah) di tahun 1994 dan Ini Album Gue di tahun 1997. Kini Denada banting setir beralih ke jalur Dangdut. Meski begitu, ia tetap berprestasi karena lagu dangdutnya masuk sebagai unggulan dalam beberapa penghargaan musik, seperti  Anugerah Musik Indonesia dan Penghargaan MTV Indonesia pada tahun 2005.

3. Igor “Saykoji”

Igor Syakoji tak hanay dikenal sebagai rapper tapi juga aktor yang bermain di banyak judul film ternama~tmpo.co
Igor Syakoji tak hanya dikenal sebagai rapper tapi juga aktor~tmpo.co

Igor Syakoji sempat jadi fenomena tersendiri di blantika musik Indonesia. Berbeda dengan imej musisi rap dengan tubuh penuh tato dan tampang sangar; Igor tampil dengan badan yang gempal, serta wajahnya yang kerap membuat mimik lucu jenaka. Namanya naik daun berkat album “So What Gitu Loh” , dan langsung diberi predikat sebagai “salah satu penyanyi rap yang cukup diperhitungkan setelah era Iwa K “. Hampir semua lagu-lagu Igor jadi hits, dan membuat namanya melambung. Igor juga menjajaki karier sebagai aktor dan telah membintangi beberapa film ternama seperti Selendang Rocker, 5 CM, Mall Klender dan banyak lagi yang lainnya.

4. JFlow

Meski kurang dikenal, namun JFlow cukup berprestasi di belakang layar dan dunia TV~tmpo.co
JFlow cukup berprestasi di belakang layar dan dunia TV~tmpo.co

Namanya mungkin tak smeoncer 3 nama tersebut diatas, namun JFlow terbilang cukup punya prestasi tersendiri di belakang layar. Pria bernama asli Joshua Matulessy dijuluki JFlow oleh Igor Syakoji karena “cara rapnya mengalir mengikuti nada, tak seperti rapper yang pada umumnya terpatah-patah“. Selain sebagai rapper, JFlow juga diketahui berprofesi sebagai produser, TV host sekaligus penulis.

5. Rich Chigga

Baru 17 tahun, Rich Chigga mulai mendunia karena skill rapnya yang cukup mumpuni~djbooth.com
Baru 17 tahun, Rich Chigga mulai mendunia karena skill rapnya~djbooth.com

Diam-diam, Indonesia punya loh rapper muda yang namanya mulai dikenal secara global. Ia adalah Brian Imanuel, atau yang dikenal dengan nama Rich Chigga. merilis lagu berjudul Dat $tick di channel YouTube miliknya, Rich Chigga berhasil menarik perhatian rapper internasional seperti Desiigner, Cam’ron, Ghostface Killah, Tory Lanez, MadeinTYO dan banyak lagi yang lainnya. Lagu Dat $tick milik Brian pun nangkring di posisi 4 dalam Billboard’s Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles chart. Brian juga melakukan featuring dengan rapper Amerika Ghostface Killah dari Wu-Tang Clan, untuk remix lagu Dat $tick ini.

6. Soimah Pancawati

Soimah Pancawati bersama dengan Jogja Hip Hop Foundation taklukan Amerika beberapa waktu lalu~titaniaveda.wordpress.com
Soimah Pancawati bersama dengan Jogja Hip Hop Foundation taklukan Amerika~titaniaveda.wordpress.com

Hah Soimah? Ga salah nih? Ya rasanya sah-sah saja memasukan nama Soimah dalam deretan rapper yang cukup berprestasi. Meski lebih dikenal sebagai selebritis dan juga komedian, skill rap Soimah patut untuk diperhitungkan. Tak percaya? Coba deh denger lagu Laskar Dagelan Jawa featuring Jogja Hip Hop Foundation. Dan bersama dengan komunitas budaya Jogja Hip Hop Foundation, Soimah pernah tampil di Asia Society di 725 Park Avenue, New York, Amerika Serikat. Next

Apakah Kamu Setuju?