‘A Copy Of My Mind’ Joko Anwar, Bagian Dari Trilogi Realita Jakarta

Mungkin banyak yang belum tahu soal A Copy of My Mind buatan Joko Anwar. Memang, film besutan sineas satu ini belum dikenal di dalam negeri, tetapi film tersebut sudah menembus festival-festival film luar negeri.

Joko Anwar
Joko Anwar

A Copy of My Mind ini bahkan akan dijadwalkan untuk tayang di Kanada, 10-20 September mendatang.

Film yang dibintangi Tara Basro dan Chicco Jerikho ini sempat menggegerkan dunia maya pula saat Joko Anwar menyatakan film ini akan ada adegan ‘dewasa’. Selain itu, film ini juga akan ditayangkan di Busan Film Festival, Korea Selatan dan Venice Film Festival, Italia.

“kenapa film ini dipilih? Ini kan drama romantis. Bang Joko belum pernah bikin film panjang seperti ini, tentang Jakarta pokoknya,” tutur Tia Hasibuan, perwakilan Lo-Fi Films.

Produksi film memakan waktu delapan bulan, terhitung sejak proses perekrutan kru dan tim produksi. Syuting yang dimulai pada November tahun lalu ini berjalan lancar meski budget dan kru yang terbatas.

Keterbatasan ini yang kemudian dimanfaatkan Joko Anwar. Joko merasa film akan jadi lebih realistis, seperti syuting di pasar yang akan banyak orang-orang di pasar untuk ikut serta dalam pengambilan film, dan begitu pula halnya adegan di penjara.

A Copy Of My Mind dianggap sebagai kapsul waktu untuk Indonesia. Joko ingin merekam kondisi Indonesia, pada 2015. Penonton bisa melihat situasi Indonesia yang sebenar-benarnya saat ini, saat kita mau melihat ke masa lalu.

Joko menjelaskan, film ini juga bukan tipe stand-alone. Ada trilogi yang akan disiapkan Joko Anwar. A Copy of My Heart dan A Copy of My Soul akan jadi kelanjutan film ini meski tidak berhubungan. “Hanya ada benang merahnya,” ujar Joko.