Jelang Aksi 4 November Mendatang, Lihat Dulu 6 Demonstrasi Terbesar dalam Sejarah Berikut Ini

Aksi 4 November mendatang yang akan berlangsung di Jakarta, diramlakn bakal jadi salah satu demonstrasi besar yang dihadiri oleh ribuan orang. Aksi demo yang kabarnya akan dilangsungkan pada 4 November mendatang ini, konon akan dilakukan secara besar-besaran oleh salah satu ormas ternama, dengan dihadiri oleh ribuan orang simpatisan mereka.

Aksi 4 November ini dikabarkan sebagai rekasi atas dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Poernama alias Ahok. Meskipun demo ini diprediski bakal terjadi secara besar-besaran, sejarah pernah mencatat 6 aksi protest lain yang juga dihadiri oleh ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan massa. Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Indian anti-corruption movement (2011)

Indian anti-corruption movement (2011) disebut sebagai aksi demo terbesar dalam sejarah di negara India~ elist10.com
Indian anti-corruption movement (2011) disebut sebagai aksi demo terbesar di India~ elist10.com

Dipimpin oleh  Hazare & Baba Ramdev, Indian anti-corruption movement yang terjadi pada 2011 yang lalu konon dihadiri oleh 100 Juta orang yang turun di jalanan. Digelar di Ramila Maidan, aksi ini bahkan berlangsung selama 40 hari untuk memprotes wabah korupsi yang menjamur di India saat itu.

2. Protest against the War in Afghanistan (2001-Sekarang)

Protest against the War in Afghanistan atau aksi demo meminta penghentian perang di negara timur tengah Afghanistan~ elist10.com
Protest against the War in Afghanistan atau aksi demo meminta penghentian perang di Afghanistan~ elist10.com

Demo anti perang di Afghanistan berlangsung dari tahun 2001, dan secara sporadis terus berlanjut hingga saat ini. Konflik di timur tengah mengundang simpati dari berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia. Negara-negara seperti Australia, Kanada, Perancis, Spanyol, Inggris dan Amerika kerap mengadakan demonstrasi untuk menentang perang di Afghanistan ini.

3. Irish Protests (2008-2013)

Irish Protests terjadi akibat amsalah ekonomis erius di negara tersebut sehingga menyebabkan phk massal~ elist10.com
Irish Protests terjadi akibat masalah ekonomi serius di negara Irlandia~ elist10.com

Mulai dari tahun 2008 hingga tahun 2013, Irlandia diwarnai demo besar-besaran sebagai akibat dari masalah ekonomi di negara tersebut. Hal ini diawali oleh pemerintah Irlandia yang mengumumkan negara ini mengalami masalah ekonomi, sehingga berakibat terjadinya PHK masal di negara tersebut. Jutaan orang mulai dari supir taksi, pekerja pabrik, mahasiswa dan berbagai lapisan masyarakat turun ke jalan untuk berdemonstrasi.

4. Chilean Student Protests (2011-2012)

Chilean Student Protests atau demo siswa di Chile memprotes kuasa swasta atas sistem pendidikan di negara tersebut~ elist10.com
Chilean Student Protests atau demo siswa di Chile memprotes kuasa swasta atas sistem pendidikan~ elist10.com

Mulai Agustus 2011 yang lalu; jutaan mahasiswa, pelajar, akdemisi, masyarakat umum dari berbagai lapisan mengadakan demonstrasi di kota Chile. Hal ini dilakukan untuk memprotes sistem pendidikan di negara tersebut. Mereka mengklaim bahwa banyak oknum yang mengambil kepentingan pribadi, dari sistem pendiddikan yang tidak merata di Chile. 45% univeritas di Chile saat dikuasi swasta yang mematok tarif mahal, padahal sebagian besar anak-anak di sana bersekolah di sekolah tradisional yang difasilitasi oleh pemerintah.

5. Colombian Student Protests (2011)

Colombian Student Protests terjadi karena menolak reformasi sistem pendidikan di negara tersebut~ elist10.com
Colombian Student Protests terjadi karena menolak reformasi sistem pendidikan di Columbia~ elist10.com

Tak hanya Chile, aksi demo besar-besaran memprotes sistem pendidikan juga pernah terjadi Columbia pada tahun 2011 yang lalu. Reformasi pendidikan yang diambil oleh pemerintah Columbia saat itu, dituding justru menyengsarakan siswa dan pelajar. Karena itulah terjadi demonstrasi besar-besar dimana jutaan orang memprotes reformasi pendidikan, yang diterapkan oleh Columbia saat itu.

6. Malawian Protests (2011)

Malawian Protests menjadi satu dari yang terburuk di negara Malawi hingga saat ini~ elist10.com
Malawian Protests menjadi satu dari yang terburuk di negara Malawi~ elist10.com

Selain menajdi salah satu yang terbesar dalam sejarah, Malawian Protests atau demosntrasi rakyat Malawi ini juga jadi yang terburuk di negara tersebut. Aksi massa yang diwarnai oleh kerusuhan ini, disebabkan oleh kebijakan ekonomi yang dicetuskan oleh rezim predisen Bingu wa Mutharika dari partai Democratic Progressive Party. Akibat kerusuhan massa karena demonstrasi tersebut, sebanyak 300 orang ditangkap pada hari kedua saat aksi berlangsung. Bukanya takut, perlawanan rakyat justru makin memanas sehingga menyebabkan perwakilan dari PBB turun tangan saat itu.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.