Selain Uus, Ini 8 Artis Indonesia yang Pernah Bermasalah dengan Ormas

Para pengguna media sosial belakangan ramai-ramai menyoroti pesan yang diunggah oleh komedian Uus di media sosial Twitter miliknya.

Baca Juga: Ayah Annisa Aziza Tutup Usia, Begini Ungkapan Duka Mendalam Raditya Dika

Kasus ini mendapat perhatian dari berbagai pihak, karena dianggap kontroversial.

Betapa tidak, pria yang sebelumnya sering nampang di acara Inbox sebagai presenter itu membuat pesan yang isinya seolah menyindir Habib Rizieq, ketua umum ormas Front Pembela Islam atau FPI.

Tanpa menunggu lama, cuitan Uus langsung memancing banyak komentar negatif dari para pengikutnya di Twitter, maupun pengguna Internet lainnya.

Hidup Uus pun berubah 180 derajat sejak masalah tersebut menjerat dirinya. Tidak hanya mengalami sepi job, ia dikabarkan sempat didatangi oleh tak kurang dari 12 anggota ormas, usai menyelesaikan kegiatan syuting pada Kami, 2 Februari.

Namun demikian, belum ada konfirmasi pasti mengenai hal ini. Pasalnya, kabar mengenai pertemuan Uus dan selusin anggota ormas tersebut hanya diketahui dari pesan singkat yang dibuat oleh kawan sang komedian. Chiko Hakim, di Twitter.

Dan jika kita tarik mundur, ternyata bukan hanya Uus saja yang pernah mengalami kejadian serupa. Ada cukup banyak selebritis tanah air yang juga bermasalah atau mengalami konflik dengan ormas tertentu.

Penasaran? Berikut Beranda sajikan daftar delapan seleb Indonesia yang pernah berkonflik dengan anggota ormas.

1. Anjasmara


Ketika sedang berada di puncak karirnya di 2005, aktor tampan Anjasmara sempat membuat heboh publik dengan melakukan sesi foto telanjang. Foto tersebut kemudian dipertontonkan secara terbuka di pameran tahunan di Jakarta.

Sontak, banyak pihak yang merasa bahwa sang artis sudah melakukan kegiatan pornoaksi. Selain itu, Anjasmara juga mendapatkan teguran dari salah satu ormas ternama yang ada di ibukota.

2. Dewi Perssik


Dalam satu dekade belakangan, ada banyak penyanyi dangdut yang mengandalkan gerakan tarian unik guna menarik perhatian penonton, sekaligus mendongkrak popularitasnya di masyarakat. Namun demikian, seringkali gerakan-gerakan tersebut dianggap bernuansa erotis dan tak layak dipertontonkan di depan umum.

Dewi Perssik adalah salah satu penyanyi dangdut yang juga menggunakan gimmick tersebut. Dan pada 2008 silam, wanita yang terkenal dengan goyang khas ala Gergaji itu sempat dilarang oleh sebuah ormas untuk tampil di satu kota.

3. Prisia Nasution


Menggunakan media sosial wajib diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar. Hal itu adalah pelajaran yang mungkin sudah diambil oleh Prisia Nasution.

Mirip dengan Uus, artis jelita satu ini juga mengalami kejadian yang sama dengan sang komedian, berkat sindiran yang ia berikan pada sebuah ormas di media sosial. Begitu kontroversi merebak di masyarakat, ia langsung buru-buru menghapus tulisannya tersebut.

4. Annisa Bahar


Satu lagi pedangdut yang bermasalah dengan ormas karena goyangannya dianggap terlalu vulgar.

Annisa memang kerap mengiringi aksi panggungnya dengan liukan tubuh yang menggoda. Hal tersebut rupanya tidak diterima dengan baik oleh salah satu ormas, yang kemudian memberikan larangan agar dirinya tak bisa naik panggung di Depok, Jawa Barat.

5. Ahmad Dhani


Ahmad Dhani memang dikenal sebagai sosok yang kerap menciptakan kontroversi lewat pernyataan dan tindakannya. Sifat itulah yang kemudian membuatnya sempat bentrok dengan sebuah ormas di tahun 2005 lalu.

Semua bermula ketika Dhani dan band Dewa 19 mengadakan sebuah konser. Setelah diperhatikan, di bagian panggung ternyata terdapat simbol kaligrafi yang memiliki makna Allah. Hal ini memancing kontroversi karena Dhani dan anggota band-nya terus menginjak lambang itu selama konser berlangsung.

Namun seiring berjalannya waktu, Dhani dan ormas yang dimaksud kini sudah tidak memiliki masalah. Bahkan kedua belah pihak justru terlihat akrab di berbagai kesempatan.

6. Inul Daratista


Mirip dengan Dewi Perssik dan Annisa Bahar, Inul Daratista juga menambah panjang daftar pedangdut yang pernah terlibat masalah dengan ormas. Berkat goyang Ngebor yang menjadi ciri khasnya, Inul dianggap sebagai artis yang seronok dan memancing wacana untuk melarangnya tampil di TV maupun pertunjukan di beberapa daerah.

7. Ello


Ello tidak pernah membuat pernyataan atau kalimat kontroversial di akun media sosial miliknya. Namun siapa sangka, check sound yang ia lakukan bersama bandnya di sebuah konser di Sulawesi pada Mei 2016 lalu ternyata berbuntut panjang.

Hal itu membuat Ello mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan dari sebuah ormas setempat. Penyanyi berambut gondrong itu dianggap mengganggu jalannya kegiatan ibadah, karena suara bising yang timbul dari kegiatan check sound yang ia lakukan.

8. Ruhut Sitompul


Selain menjadi artis, Ruhut Sitompul juga merupakan seorang politisi yang terkenal dengan gaya bicaranya yang tak mengenal basa-basi. Ia sudah beberapa kali mengeluarkan pernyataan yang diangap kontroversial. Oleh karena itu tidak mengherankan jika pria terkenal dengan karakter ‘Poltak’ di sinetron ‘Gerhana’ ini pernah berselisih dengan salah satu petinggi ormas keagamaan di Indonesia.

Baca Juga: Gaya Busananya di IFW 2017 Dikrtik Netizen, Ayu Ting-ting Dibela Ivan Gunawan

Bagaimana menurut kalian? Apakah ada artis yang terlewat dari daftar Beranda ini? Silahkan tambahkan di kolom komentar jika kalian menemukannya.