Dianggap Lecehkan Ajaran Islam, 4 Artis Ini Meradang Dengar Puisi Sukmawati

Ada yang menarik pada pagelaran 9 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesian Fashion Week 2018 lalu. Tak hanya busana rancangan Anne yang menawan, Sukmawati Soekarnoputri juga sempat membacakan sebuah puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ di salah satu segmen acara.

Baca Juga: Lainnya Copot Jilbab, 6 Artis Cantik Ini Mantap Tampil Islami di 2017

Puisi yang sejatinya berisi keagungan alam dan budaya Indonesia tersebut ternyata menuai kontroversi karena dianggap melecehkan umat muslim. Tak hanya masyarakat, 3 artis ini pun gerah mendengar pembacaan puisi tersebut, siapa saja mereka?

1. Kartika Putri

Sempat viral karena ‘curhat’nya soal niqab dan prosedur keamanan bandara beberapa waktu lalu, Kartika Putri kembali menulis status viral karena pernyataan sikapnya terhadap puisi Sukmawati Soekarnoputri. Kartika menulis bahwa lebih bijak bagi Sukmawati untuk mencari tahu mengenai syariat islam lebih jauh sebelum berpuisi untuk negeri.

Menurutnya, cadar bukanlah sekedar kain pembungkus bagi wanita dan Adzan juga bukanlah kontes seni suara melainkan panggilan umat untuk melaksanakan shalat. Unggahannya kali ini dinilai lebih adem oleh umat muslim dan tentunya bikin banyak ukhti salut padanya.

2. Umi Pipik

Istri mendiang Almarhum Ust. Jefri Al  Buchori ini memang aktif berdakwah sepeninggal suaminya. Umi Pipik, sebutan akrabnya, rajin mengajak umat muslim khususnya kamu wanita untuk terus berhijrah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak hanya melalui panggilan ceramah, Umi Pipik pun aktif berdakwah melalui akun instagram pribadinya. Kesederhanaannya dalam memberikan pencerahan bagi sekitarnya dinilai ‘adem’ dan menyejukkan sehingga tak heran apabila followernya saat ini sudah mencapai 93,5K.

Mendengar kabar mengenai puisi Sukmawati Umi Pipik meradang karena dalam puisinya seolah menyebut syariat Islam tidaklah baik. Bagi Umi Pipik, tak masalah apabila Sukmawati Soekarnoputri merendahkannya karena apa yang ia kenakan selama ini, namun ia tak setuju apabila Sukmawati mempermasalahkan syariat Islam.

3. Ustad Felix Siauw

Tak hanya kaum wanita yang merasa gerah dengan Puisi Sukmawati tersebut. Ustad tionghoa, Felix Siauw juga ikut meradang mendengar puisi tersebut digaungkan ketika pagelaran Anne Avantie. Tak hanya itu, Ustad Felix Siauw bahkan membuat puisi balasan kepada Sukmawati yang berjudul ‘Kamu Tak Tahu Syariat’.

Puisi tandingan ustad kelahiran 31 Januari 1984 ini berisi tentang harapannya untuk orang yang tak tahu syariat lebih baik diam. Ia juga tak rela apabila Sukmawati membandingkan hijab dengan konde, baginya Islam adalah ruh dan nyawa negara Indonesia. Ustad Felix Siauw juga menilai bahwa Islam adalah salah satu motor pergerakan kemerdekaan di kala masa kelam Indonesia.

“Kalau engkau tak tahu syariat. Mari sini ikut melingkar dan merapat. Akan aku sampaikan biar engkau pahami, bagi mereka yang beriman, tak ada yang lebih penting dari Allah dan Rasul-Nya” Tutupnya dalam Puisi berjudul ‘Kamu Tak Tahu Syariat’ tersebut.

4. Arie Untung

Nama Arie Untung memang baru-baru ini dikenal sebagai salah satu artis yang telah berhijrah. Tak hanya seoran diri, Arie Untung pun kompak mengajak Venita Arie, Istrinya untuk sama-sama lebih mendekatkan diri ke jalan Allah SWT.

Mendengar Puisi yang dibacakan oleh Sukmawati, Arie Untung pun beri reaksi keras. Menurutnya tak selayaknya Sukmawati melecehkan suara adzan di sebuah acara resmi. Arie meminta umat islam di seluruh Indonesia tetap tenang dan tak menaggapinya berlebihan, ia menutup statementnya dengan kata-kata ‘Sing waras ngalah’.

Well, kalau menurut kamu sendiri gimana nih? Ikut kesal nggak dengan puisi yang sedang viral ini?