Berbagai Cara Unik Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia

Tepat hari ini, bangsa Indonesia genap berusia 70 tahun. Setiap tanggal 17 Agustus, negara ini selalu merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Sebagai bangsa yang sudah merdeka sejak tahun 1945, Indonesia selalu memperingati HUT RI dengan melakukan upacara bendera sambil mengenang jasa-jasa pahlawan yang dahulu telah berkorban jiwa raga untuk memerdekaan Tanah Air dari penjajahan bangsa lain.

Bendera Indonesia, Merah Putih
Bendera Indonesia, Merah Putih

Upacara bendera bisa dilakukan dimana saja, tapi umumnya dilakukan di Istana Negara ataupun di sekolah. Tapi, ternyata ada pula cara-cara unik untuk memperingati Hari Kemederkaan Indonesia. Penasaran apa sajakah cara-cara unik itu? Mari simak uraian berikut.

1. Upacara Bendera yang Dilakukan Robot

Selain manusia yang bisa melakukan upacara bendera, ternyata para robot juga bisa melakukan aksi ini. Kumpulan robot pernah melakukan upacara bendera di tengah pusat perbelanjaan Thamrin City. Sekitar 45 robot ikut serta dalam upacara itu. Robot NAO pun dipercaya untuk memimpin jalannya upacara. Sedangkan, Robot Bioloid bertugas sebagai inspektur upacara. Sisanya yakni 17 robot origami, serta 8 robot drum band. Para robot pintar itu memperingati 66 tahun Kemerdekaan Indonesia.

2. Upacara Bendera di Bawah Laut

Bunaken yang terletak Manado, Sulawesi Utara adalah salah satu pariwisata milik Indonesia dengan segala keindahan di dalamnya. Itulah sebabya, laut Bunaken dijadikan lokasi upacara bendera. Tak tanggung-tanggung, 2.200 penyelam dengan komando dari TNI-AL pun melakukan dengan khidmat pengibaran sang saka Merah Putih di bawah laut Bunaken. Pada saat pengibaran bendera Merah Putih, para penyelam pun melantunkan lagu Indonesia Raya di dalam air. Upacara ini berlangsung selama 15 menit. Upacara bendera ini menjadi momen pertama kalinya untuk Sang Merah Putih berkibar di bawah laut kedalaman sekitar 15 meter.

3. Upacara Bendera di Bawah Tanah

Di tanggal 17 Agustus 2011 yang merupakan HUT RI ke 66 tahun, upacara bendera dilakukan di bawah tanah tepatnya di Goa Sibeusi, Desa Ciampea, Bogor. Upacara ini diikuti oleh tim yang berjumlah 4 orang dari IPB. Meski dalam keadaan gelap gulita di bawah tanah, mereka tetap berhasil melakukan upacara bendera.

4. Upacara Bendera yang Dilakukan Hewan

Siapa sangka? Para hewan ternyata bisa melakukan upacara bendera lho. Upacara bendera yang dilakukan para hewan terjadi di Taman Safari Indonesia (TSI) Prigen. Sejumlah 30 hewan satwa dan keeper dengan pandainya melakukan upacara bendera. Gajah Sumatera menjadi pasukan pengibar bendera Merah Putih. Upacara bendera itu dipimpin oleh pegawai TSI dengan memakai busana pejuang zaman dahulu.

Siti Nurjanah

The way to get started is to quit talking and begin doing