Cara Sehat Mencegah Rasa Ngantuk Setelah Makan

tertidur saat ngantor
oversleep—sooleychiropractic.com/wp-content/uploads/2011

Makan merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi mahluk hidup. Namun mengantuk usai menyantap makanan merupakan hal yang tidak baik dan sangat perlu untuk dihindari.

Mengantuk merupakan sinyal yang berasal tubuh untuk agar seseorang segera beristirahat. Namun apabila selalu mengantuk sehabis makan itu pertanda ada yang salah dalam makanan, enzim, atau kondisi kadar gula darah anda. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat mengurangi rasa ngantuk setelah makan.

 Jangan Makan Melebihi Porsi

porsi besar
porsi besar —http://newshour-tc.pbs.org/newshou

Jangan makan secara berlebihan batasi porsi makan.Tubuh akan cepat merasa letih dan akan menimbulkan rasa ngantuk jika mencerna makanan terlalu banyak dan melebihi batas wajar karena sistem pencernaan bekerja lebih keras.

 Banyak Minum Air Putih

air putih
air putih —flickr.com/photos/librariesrock/4733920397

Hampir semua organ dalam tubuh kita membutuhkan pasokan air agar dapat bekerja dengan baik dan maksimal. Agar tubuh tidak mengalami rasa kantuk berlebihan disarankan setelah makan perbanyak minum air putih. karena mengantuk adalah merupakan sinyal dari tubuh ketika mengalami dehidrasi. Maka dari itu perbanyaklah meminum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari rasa kantuk.

Batasi Kadar Gula Pada Makanan

donat
makanan manis — detik.com/content/2011/10/07/900/BSdonuts

Membatasi kadar gula pada makanan bukan berarti tidak dianjurkan makan yang manis-manis. Gula memang memberikan energi bagi tubuh dengan cepat, namun hilangnya juga cepat dan membuat tubuh merasa lelah kembali, jika ingin makan yang manis-manis sangat dianjurkan untuk menyantap buah-buahan yang memiliki rasa manis alami.

Cukup Tidur Ketika Malam

sleep
sleep — whicdn.com/images/27794064

8jam adalah waktu yang sangat tepat memberikan waktu bagi tubuh kita untuk mengistirahatkan seluruh kerja organnya seharian beraktifitas. berikan jadwal yang disiplin bagi tubuh untuk istirahat(tidur) dan bangun dengan waktu yang sama setiap hari. Kurangnya waktu tidur akan menjadikan aktifitas sehari-hari akan terganggu dengan rasa kantuk yang masih tersisa.

Olahraga Ringan

gaya hidup sehat
lifestyle — inilah.com/data/berita/foto

Melakukan olahraga ringan ditempat anda beraktifitas akan mengurangi rasa kantuk yang anda alami. Karena dengan olahraga ringan seperti loncat-loncatm, puh up, meregangkan otot yang kaku akan meningkatkan kadar oksigen pada tubuh dan memberikan energi tambahan pada tubuh.

Fathana Erlangga

Mahasiswa tanpa gelar yang sedang mencari jalan lurus. Rajin tidur agar semua mimpi tercapai. Pecinta wanita berambut panjang dan berkacamata. Masih terus belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.