Ragam

Gak Perlu ke Luar Negeri, Indonesia Bakal Punya Disneyland di Boyolali

Oleh -

Beberapa tahun mendatang, warga Indonesia tak perlu jauh-jauh ke luar negeri seperti ke Tokyo dan Singapura hanya untuk menyambangi Disneyland. Indonesia bakal punya taman Disneyland yang akan dibangun di Boyolali.

Rencana pembangunan Disneyland di Boyolali ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Boyolali, Seno Samodro dengan investor dari Belanda. Dilansir dari Tribun, biaya pembangunan Disneyland ini nantinya akan menyedot dana investasi senilai Rp 6 triliun.

Disneyland akan dibangun lahan setara 133 kali lapangan sepakbola atau seluas 100 hektar. Dari luas lahan tersebut, Disneyland Boyolali akan menampung parkir kendaraan hingga 22 ribu mobil.

(c) Disneyland Park

 

Saat ini proses pembanguna Disneyland Boyolali masih dalam taraf pembebasan lahan. Opsi lokasinya sendiri antara lain di Kecamatan Mojosongo, Boyolali Kota, atau Ampel. Jika terjadi kesepakatan harga, pembayaran tanah baru dilakukan sekira bulan depan (Mei).

Proses pembangunan bakal dimulai di penghujung tahun sekitar bulan September atau Oktober 2017. Lama proses pembangunan diharapkan sudah bisa selesai dalam waktu dua hingga tiga tahun.

Pembangunan Disneyland di Boyolali diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Boyolali dan sekitarnya. Ini mengacu kepada kesuksesan Spanyol yang bisa mendatangkan turis hingga 100 ribu orang atau dua kali lipat jumlah penduduk mereka.

(c) wendytour.co.id

Yang menarik, Universal Studio dikabarkan juga terlibat pada investasi pembangunan Disneyland di Boyolali. Ini menjadi menarik mengingat Universal Studio dan Disneyland memiliki taman bermain masing-masing.

Karena hal di atas, kemungkinan nama taman bermain di Boyolali bukanlah Disneyland. Bupati Boyolali, Seno Seno Samodro mengatakan jika saat ini ada tiga opsi nama yang sedang dibahas.

Disneyland sendiri merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia. Disneyland sudah dibangunn di beberapa kota maju dunia seperti Disneyland Anaheim AS, Disneyland Paris, Disneyland Tokyo, Walt Disney World Resort Lake Buena Vista, Disneyland Shanghai, dan Disneyland Tokyo. Untuk warga Indonesia, Disneyland di Tokyo, Jepang, menjadi salah Disneyland yang sering dikunjungi. Next

Apakah Kamu Setuju?