Fantastic Four Bukan Satu-satunya yang Flop di Hollywood

Baru-baru ini, film Fantastic Four sukses menuai kegagalan di ranah persaingan film-film superhero. Film yang merupakan reboot dari film sebelumnya ini ternyata hanya meraup keuntungan kecil, bahkan sang sutradara, Josh Trank mengaku kecewa dengan hasil yang didapatkannya.

Fantastic Four Poster
Fantastic Four Poster

Namun, bukan hanya Fantastic Four yang sepanjang sejarah Hollywood mengalami kegagalan. Masih banyak film superhero lain yang gagal menembus box office. Hal ini menunjukkan tidak semua superhero merupakan favorit audiens.

Selain Fantastic Four, ada Batman&Robin (1997) dan Daredevil (2003) yang menuai kegagalan pula. Film pertama, dari modal US$ 125 juta hanya mendapat untung sekitar US$100 ribu. Begitu pula film kedua, yang dengan modal US$ 78 juta hanya mendapatkan untung US$ 100 ribu pula.

Hulk yang diproduksi 2003 lalu juga mengalami kegagalan serupa. Modal hingga US$ 130 juta hanya mendapatkan untung US$130 ribu.

Jika untuk kategori film terbaik bisa mendapatkan Academy Awards atau Golden Globe Awards, beda halnya dengan film terburuk yang akan mendapatkan Razzie Awards. Catwoman dan Elektra adalah salah satu yang sempat mendapatkan Razzie Awards, bahkan lebih dari satu kategori.

Kini, tinggal menunggu waktu sampai Fantastic Four mendapatkan Razzie Awards. Tidak sedikit yang kemudian menjuluki film ini sebagai Fantastic Flop.

Josh Trank dianggap tak cakap untuk membawa superhero tim layaknya X-Men. Bahkan, kegagalan ini dibanding-bandingkan dengan serial TV Fox lain yang juga sering dianggap ‘gagal’ oleh penikmatnya.

Nampaknya, pesona Jessica Alba dkk belum bisa digantikan oleh pemeran baru Fantastic Four. Bahkan, kegagalan Fantastic Four ini lebih buruk saat harus mengaku kalah dari Pac-Man dan semut kecil.