Teladan Sejati, Guru di NTT Berenang Sebrangi Laut Demi Muridnya

Ungkapan guru sebagai pahlawan tanda jasa rupanya bukan cuma isapan jempol. Hal tersebut belum lama ini bisa dilihat secara jelas lewat dedikasi yang ditunjukkan oleh seorang guru di NTT terhadap tanggung jawabnya sebagai pengajar.

Guru yang tidak diketahui identitasnya tersebut berjuang mati-matian untuk berangkat mengajar para muridnya. Bahkan ia pun rela berbasah-basahan, berenang ke arah bibir pantai, sembari menjaga agar tasnya tidak basah.

Tindakan yang patut diapresiasi tinggi ini terdokumentasi dalam sebuah video yang belum lama diunggah oleh akun Instagram lambe_turah.

Tak hanya itu, akun Instagram tersebut juga memberikan caption lumayan panjang, berisi kisah mengenai perjuangan sang guru demi membagikan ilmu pada murid-muridnya.

“PERJUANGAN PAK GURU. Berenang di lautan.

Sebuah pemandangan yang tentu tidak biasa bagi kita, menyaksikan seorang guru harus berenang di lautan untuk mengajar menemui murid- muridnya.

Tapi.. begitulah adanya.. Dalam sebuah perjalanan laut di Nusa Tenggara Timur, seorang Bapak meminta izin menumpang perahu yang sengaja kami sewa. Tentu saja kami tidak keberatan dan mempersilahkan beliau menumpang.

Hingga perahu kami mendekat ke suatu pantai, sang Bapak mohon diri untuk turun dan mempersilahkan kami melanjutkan perjalanan.

Beliau pun berenang ke tepi pantai yang jaraknya masih jauh sambil berusaha mengangkat tasnya ke atas agar tidak basah.

Kami baru menyadari, tidak banyak bahkan sangat jarang di daerah kepulauan ini dimana mayoritas penduduknya adalah nelayan yang memiliki tas seperti yang beliau bawa.

Kami bertanya- tanya.. siapakah beliau? “Bapak itu guru.. pulang mengajar” kata seseorang di sebelahku.”

Sepertinya kondisi yang menyulitkan dengan tinggal di pulau terpencil dan minim fasilitas tidak membuat sang guru patah arang dalam menjalani pekerjaan mulianya.

Bapak guru di NTT ini bahkan rela membahayakan nyawanya sendiri dengan berenang melewati derasnya arus laut dan mencapai bibir pantai, demi menemui para muridnya.

Tak heran jika lantas perjuangan sang guru mendapatkan apresiasi besar dari para Netizen, yang merasa kagum melihat ada orang memberikan dedikasi begitu luar biasa terhadap profesi yang belakangan ini seperti kurang dihargai.

guru-di-ntt
“Ya ampun min…sedih amat liat nya. Mpe nangis gue,” demikian tulis akun u_cha46

“Ya ALLAH ini yg disebut pahlawan tanpa tanda jasa,” tulis pemilik akun kimnana_16.

Sementara itu, ledywidjaya menulis: “Kok mau nangis ya liat nya, mana ada guru mulia kayak gini jaman skrg.”

“Padahal duit negata turah turah lah buat bikin sarana pendidikan … masa smp segitunya yesss… gy mana mau jd bangsa yg berpendidikan dan cerdas klo begini. Miriss sekaliii,” bunyi pendapat yang diberikan akun vinaandini.

“Gaji tak seberapa tp nyawa jd taruhannya, miriiiis tp bangga pastinya krn bs jd pendidik yg sbenarnya ya minceu @lambe_turah …” demikian menurut akun bertaoriyani.