Ini Kata Joko Anwar Saat Tahu Filmnya Sukses di Luar Negeri

A Copy of My Mind adalah film terbaru garapan sutradara Joko Anwar. Film ini sendiri baru akan tayang di Indonesia pada Februari 2016. Namun, film yang dibintangi Tara Basro dan Chicco Jerikho sudah tayang terlebih dahulu di luar negeri.

Film Garapan Jowo Anwar Sukses di Luar Negeri
Film Garapan Jowo Anwar Sukses di Luar Negeri

Seolah meraih sukses besar, A Copy of My Mind ternyata ditonton banyak orang di bioskop-bioskop luar negeri. Bagaimana tanggapan Joko saat tahu film buatannya disukai banyak penonton?

“Sampai tidak dapat tiket waktu itu. Satu bioskop besar kalau disini mungkin yang biasa 300, mungkin di sana 500. Kalau di Venice (Italia) malah satu bioskop kapasitasnya 1.000, selalu sold out. Di Toronto (Kanada) juga sold out, di Busan (Korea Selatan) juga. Kita sudah di setiap festival, rata-rata semuanya selalu sold out,” ujar Joko

Sukses di luar negeri belum tentu bisa sukses juga di Indonesia. Sebab, Joko menilai penonton Indonesia susah ditebak untuk bisa menyukai sebuah genre film.

“(Lebih kepada) doanya, bukan ekspektasinya. Karena penonton Indonesia agak susah untuk diprediksi, tidak bisa ditebak. Karena suatu film yang sebelumnya sudah sama ceritanya, formulanya sama, laku banget, ketika dibuat lagi seperti itu, tidak laku. Jadi, doanya banyak, ekspektasi tidak. Bukan tidak yakin, kita tidak berprediksi terhadap jumlah penonton,” tukas Joko

Siti Nurjanah

The way to get started is to quit talking and begin doing