Inilah Animasi “Sekotak Harapan” yang Menyuguhkan Cerita dan Unsur Lokal

Satu lagi karya animasi dari para pegiat kreatif lokal menghadirkan alternatif tontonan animasi yang kini dengan judul, Sekotak Harapan. Animasi ini dibikin oleh mahasiswa Politeknik Mahasiswa Pontianak yang memang masih kebanyakan pemula dan belajar otodidak namun memiliki keberanian lebih untuk menghasilkan karya. Mereka tergabung dalam sebuah klub animasi bernamakan Potion Animation.

sekotak harapan film
sekotak harapan film

Cara pembikinan animasi ini dari tahap awal hingga akhir menggunakan metode manual. Yakni metode dengan istilah frame-by-frame alias dibikin dengan menggambar manual pada tiap framenya kemudian itu dianimasikan dengan 8 gambar per detiknya.

Tentu hal ini ya menjadikan animasi ini patut ditunggui karena proses bikinnya yang masih manual. Apalagi dituturkan juga bahwa penggambarannya tidak dibantu dengan perangkat teknologi yang biasa digunakan untuk menggambar, Wacom atau perangkat bantu lai. “Sekotak Harapan” ini prosesnya digambar di atas kertas dan lalu bakal di-trace di komputer untuk dijadikan animasi.

Pada video trailer yang telah dirilis dan mengenai latar belakang di animasinya tergambarkan seperti kebanyakan kisah pada remaja yang menggambarkan semangat dan usaha meraih impian. Dan lalu dengan penggambaran di tempat sekolah, jalan-jalan, kafe, dan lainnya yang mengambil sudut lokasi kebanyakan berada di Pontianak.

Ingin lihat seperti apa trailer animasi “Sekotak Harapan” bikinan para mahasiswa itu? Yuk tonton deh di bawah ini:

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.