Kenang Mpok Nori, Namanya Akan Diabadikan Jalan di Jakarta

Tepat semninggu setelah kepergian Olga Syahputra, panggung hiburan tanah air kemabali kehilangan salah satu seniman terbaiknya. Hj. Nuri Sarinuri atau yang lebih dikenal Mpok Nori, Jumat 3 April kemarin meninggal dunia karena penyakit asma yang telah lama dideritanya. Almarhumah merupakan seniman senior yang masih aktif sampai di usia senjanya. Beliau dikenal sangat memperhatikan akan kebudayaan asli Betawi, ini ditunjukkan lewat rumahnya yang dijadikan sanggar seni asli Betawi.

Nama Mpok Nori akan diabadikan jalan di jakarta ~ tribunnews.com
Nama Mpok Nori akan diabadikan jalan di jakarta ~ tribunnews.com

Meski tak seheboh pemberitaan meninggalnya Olga Syahputra, meninggalnyalnya Mpok Nori tetap meninggalkan duka yang mendalam. Terlebih bagi masyarakat Betawi. Menurut Ustadz Decky, sosok Mpok Nori sangat penting karena ikut membesarkan lawakan khas Betawi di setiap penampilannya, “Orang Betawi menobatkan ‘Mak Betawi’ untuk Nyak Nori,” kata adik kandung mendiang Ustadz Jeffry Al Buchori ini saat di pemakaman Mpok Nori, TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Ustadz Decky juga berniat mengusulkan nama Mpok Nori sebagai nama jalan di Jakarta.

Sama halnya dengan Ustadz Decky, Ustadz Zaki Mirza juga menmuji Mpok Nori. “Beliau seniman sejati, dan beliau adalah guru terbaik untuk para seniman Betawi,” ujar sang Ustadz. Sederet artis berbela sungkawa atas wafatnya komedian kelahiran Jakarta 10 Agustus 1930 tersebut. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, juga mengirimkan karangan bunga sebagai tanda berduka cita

Selamat jalan Mak Haji..Jasa jasamu atas kesenian Betawi akan selalu kami jaga..Terimakasih sudah menyelamatkan kebudayaan Betawi ditengah serbuan budaya Modern di tengah masyarakat saat ini.. We love u Mak..

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.