Budaya Kompilasi Lifestyle Ragam

Dipercaya Membawa Hoki, 7 Makanan Ini Wajib Ada Setiap Perayaan Imlek

Oleh -

Gong Xi Fa Cai, Gong Xi..! Gong Xi..! Xin Nian Kuai Le, Wan Shi Ru Yi! Hari ini tanggal 28 Januari 2017 bertepatan dengan perayaan tahun baru China atau Imlek atau secara internasional dikenal dengan nama Chinese New Year atau Lunar New Year. Dan seperti perayaan hari besar lainnya, masyarakat keturunan Tionghoa akan berkumpul bersama menikmati perayaan hari besar mereka ini.

(Baca juga: 5 Fakta Menarik Mengenai Imlek Yang Mungkin Jarang Diketahui)

Ini 7 hidangan pembawa keberuntungan saat imlek~google.com

Dan saat berkumpul bersama keluarga inilah warga keturunan Tionghoa akan menyantap makanan-makanan sebagai wujud syukur mereka menyambut tahun baru Imlek ini. Namun ternyata makanan yang mereka santap punya arti dan filososfi tersendiri loh. Dikutip dari Chinahighlights.com, ada 7 makanan yang wajib disantap saat Imlek karena dipercaya membawa keberuntungan.

Ikan

Hidangan imlek berupa ikan!google.com

Orang Tionghoa percaya menyantap ikan saat imlek bisa mmebawa keberuntungan pada mereka. Ikan dalam bahasa China ditulis dengan kata ( Yú /yoo/) yang berarti kelimpahan. Filosofinya, makan ikan di tahun baru Imlek dipercaya bisa membawa kelimpahan rezeki. Etnis Tionghoa di Indonesia sendiri kerap menyantap bandeng sebagai makanan khas hari raya Imlek

Chinese Dumplings

Hidangan pembawa keberuntungan saat imlek, dumplings~google.com

Bermakna kekayaan, Chinese Dumplings wajib disantap dalam perayaan Imlek. Orang Indonesia sebenarnya kerap menyantap dumplings ini dalam bentuk siomay dan lainya. Namun saat imlek, Dumplings dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai Chinese silver ingots atau uang emas.

Lumpia atau spring rolls

Hidangan pembawa keberuntungan saat imlek, spring rolls~google.com

Sama seperti dumpling, menyantap spring rolls atau lumpia saat Imlek dipercaya bisa membawa kekayaan dan kemakmuran. Spring Rolls ini umumnya diisi daging cincang atau sayuran, sesuai selera masing-masing.

Kue beras

Hidangan pembawa keberuntungan saat imlek, kue beras~google.com

Rasanya yang kenyal, lengket dan manis menjadikan kue beras sebagai sajian khas saat Imlek. Makan kue beras dipercaya bisa mendatangkan rezeki seperti kenaikan pangkat atau penghasilan.

(baca juga: Ucapkan Selamat Imlek, Video Ini Buktikan Kesederhanaan Mark Zuckerberg)

Sweet Rice Balls

Hidangan pembawa keberuntungan saat imlek, rice balls~google.com

Menyantap Sweet Rice Balls atau bola-bola beras manis saat Imlek, dipercaya bisa mendekatkan seluruh anggota keluarga. Bentuknya yang bulat disebut juga sebagai tangyuan, yang diasosiasikan sebagai kebersamaan dan perkumpulan.

Mie panjang umur

Hidangan pembawa keberuntungan saat imlek, mie panjang umur~google.com

Inilah hidangan yang tak boleh dilewatkan saat perayaan imlek. Mie panjang umur atau Chángshòu Miàn jika disantap saat tahun baru Imlek, dipercaya akan membuat mereka menjadi panjang umur. Berbeda dengan mie pada umumnya; Chángshòu Miàn ini bentuknya lebih panjang, kenyal dan tak boleh terputus ditengah saat Anda tengah menyantapnya.

Buah pembawa keberuntungan

Hidangan pembawa keberuntungan saat imlek, buah jeruk kim kit~google.com

Saat Imlek, hidangan berupa buah yang berbentuk bulat dan berwarna keemasan wajib untuk dihidangkan. Buah-buah ini dipercaya bisa mendatangkan kemakmuran dan kekayaan. Etnis Tionghoa umumnya menggunakan jeruk Imlek atau Kim Kit sebagai penyempurna hidangan khas tahun baru mereka. Next

loading...

Apakah Kamu Setuju?