Miris, 3 Acara Khusus Bulan Ramadan Ini Kena Tegur KPI

Dibulan Ramadan ini, munculnya beragam acara bertema Ramadan sepertinya sudah menjadi tradisi tersendiri bagi beberapa stasiun tv tanah air. Sayangnya, beberapa acara rupanya harus terkena teguran dari KPI menyusul pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan beberapa acara tersebut. ‘Ngabuburit’, ‘Sahur Itu Indah’ dan ‘Alhamdulillah Kita Sahur’ rupanya menjadi 3 acara yang harus kena teguran dari KPI lantaran dianggap melakukan beberapa adegan yang tak baik untuk ditampilkan ke publik.

Miris, 3 Acara Khusus Bulan Ramadan Ini Kena Tegur KPI ~ wowkeren.com
Miris, 3 Acara Khusus Bulan Ramadan Ini Kena Tegur KPI ~ wowkeren.com

Dalam program tv ‘Alhamdulillah Kita Sahur’ acara ini terkena teguran, lantaran menampilkan adegan wanita yang diperlakukan kasar oleh pria. “Pada tayangan tersebut terdapat adegan seorang wanita yang disiram kepalanya dengan dua gelas air. Selain itu terdapat adegan seorang pria yang memasukkan tisu kedalam mulut seorang wanita yang sedang bicara. Muatan-muatan demikian tidak pantas ditayangkan karena berpotensi ditiru oleh khalayak yang menonton terutama anak-anakdan remaja yang menyaksikan tayangan tersebut menjelang sahur” isi deskripsi pelanggaran yang ditulis pihak KPI.

Jika pada program sebelumnya, KPI melakukan teguran lantaran kekerasan fisik, program tv ‘Sahur Itu Indah’ ditegur lantaran kerap mengeluarkan ledekan kasar kepada pelawak lainnya seperti “Ini contoh adil, walaupun ganteng agak oon. Yang ini contoh serakah, udah jelek, oon“. Walau diketahui hanya sebagai lawakan, jenis lawakan ini tentu tidak dibenarkan oleh pihak KPI. Selain ledekan tersebut, KPI juga mempermasalahkan aksi kekerasan yang juga ditampilkan dalam acara ini, seperti adegan pelawak satu yang menjitak kepala pelawak lainnya.

Sementara itu, program tv ‘Ngabuburit’ harus mendapatkan teguran KPI lantaran menampilkan hukuman yang dirasa terlalu berbahaya, antara lain menjepit kuping dan bibir dengan penjepit jemuran. Bentuk hukuman yang berbahaya ini sebenarnya sudah memakan korban, yakni Ayu Dewi. Ayu yang kala itu menerima hukuman dari presenter lain, harus mengalami luka dibagian matanya karena terkena mic angin dan menyebabkan mata Ayu sampai berdarah.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...