Negara-Negara Ini Jalani Waktu Puasa Lebih Dari 20 Jam!

Pernah membayangkan menjalani ibadah puasa lebih dari 20 jam? Jika tidak, coba tengok beberapa negara ini. Beberapa negara di benua Eropa seperti Swedia dan Denmark rupanya menjadi negara dengan durasi waktu puasa terlama selama beberapa tahun terakhir. Muslim disanapun nampaknya harus terbiasa dengan kondisi ini selama sebulan kedepan hingga kumandang takbir Idul Fitri bersahutan.

Negara-Negara Ini Jalani Waktu Puasa Lebih Dari 20 Jam! ~ wowkeren.com
Negara-Negara Ini Jalani Waktu Puasa Lebih Dari 20 Jam! ~ wowkeren.com

Letak geografis beberapa negara didunia tentu membuat durasi waktu puasa di tiap negara berbeda-beda. Indonesia, yang diketahui sebagai negara tempat melintangnya garis khatulistiwa memiliki durasi puasa selama kurang lebih 14 jam. Berbeda jauh dengan Indonesia, umat muslim di sebagian negara Eropa harus menahan lapar, dahaga dan nafsu lebih lama dibandingkan dengan beberapa negara lainnya.

Sebut saja Denmark, umat muslim dinegara ini harus berpuasa selama 21 jam sejak imsak dan baru berbuka kala matahari terbenam seperti biasanya. Selain Denmark, beberapa negara lain yang juga merasakan durasi puasa hampir 24 jam ini antara lain Swedia dan Norwegia. Walau begitu, sepertinya umat muslim disana sudah cukup terbiasa dengan kondisi ini.

Berbanding terbalik dengan 3 negara diatas, umat muslim di Argentina rupanya memiliki keringanan dalam menjalankan ibadah puasa. Karena letak geografisnya, umat muslim di Argentina hanya memerlukan waktu 9 jam 30 menit untuk berpuasa, tak sampai setengah hari. Sementara itu, beberapa negara lain di seperti Belanda, Belgia, Spanyol dan Inggris, umat muslim berpuasa selama kurang dari 18 jam, sama halnya dengan negara Amerika, Prancis dan juga Italia.

Lepas dari hal tersebut, puasa tahun ini diperkirakan adalah yang paling panas selama beberapa tahun terakhir, dimana suhu pada beberapa negara seperti Arab dan India mencapai 65 derajat celcius, sedangkan di Indonesia sendiri kini sedang memasuki musim panas dengan suhu diatas 45 derajat.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...