Lagunya Viral, Penghasilan Penyanyi Pikotaro PPAP Bikin Miris

Warga Indonesia dan dunia beberapa waktu lalu sempat dibuat heboh dengan tarian dan lagu PPAP yang diciptakan oleh komedian Pikotaro. Kini, tentunya banyak yang penasaran, berapa banyak uang yang diraup dari sang artis atas suksesnya dari lagu tersebut?

Sebagai catatan, lagu yang viral di dunia maya biasanya memberikan keuntungan finansial yang lumayan besar bagi sang penyanyi. PSY dari Korea Selatan misalnya. Berkat lagu Gangnam Style, namanya dikenal luas di seluruh dunia, bahkan sampai diundang tampil di Amerika Serikat.

Lantas bagaimana dengan nasib Kosaka Daimao alias Pikotaro, sang pencipta PPAP? Apakah dia kini sudah jadi orang kaya mendadak?

pikotaro
Secara mengejutkan, Kosaka mengakui bahwa ia tidak menerima sepeser pun alias nol yen dari lagunya tersebut. Yap, meski lagunya menyebar ke mana-mana, bahkan sampai memancing banyak orang untuk membuat versi cover-nya, Pikotaro tidak menerima uang satu yen pun. Sang pencipta lagu mengaku bahwa karena lagu tersebut masih terhitung baru dan mendadak viral.

Jika dibandingkan dengan Gangnam Style-nya PSY, PPAP memang bukan sebuah lagu panjang yang dirilis sebagai satu karya musik utuh. Pikotaro sendiri menciptakannya hanya sebagai bagian dari sketsa yang ingin ia peragakan di TV. Namun siapa sangka jika guyonannya itu bisa diterima luas oleh banyak orang dan sudah mendunia.

PPAP sendiri bahkan sempat sampai ke telinga Justin Bieber. Hal ini membuat lagu tersebut kian populer dan masuk ke tangga lagu Billboard 100 dan menjadi lagu terpendek yang pernah mencatat prestasi ini.

pikotaro
Namun demikian, seiring berjalannya waktu PPAP sepertinya  akan segera mendatangkan pundi-pundi uang untuk Pikotaro. Para pengguna layanan streaming musik seperti Spotify kini sudah bisa menikmati lagu tersebut, versi panjang maupun pendek.

Jika memang hasil penjualan lagu kurang memuaskan, toh Pikotaro juga tidak perlu menyesal. Kabar yang beredar belum lama ini menyebutkan bahwa ketenaran PPAP membuat manajemennya berinsiatif untuk mendirikan kafe khusus bertema PPAP dan Pikotaro di Tokyo.

Selain itu, sosoknya kini jadi salah satu yang dianggap paling menarik di kalangan penggemar budaya Jepang. Hal ini membuat Pikotaro belum lama ini menerima undangan untuk hadir di even Anime Festival Asia edisi Singapura.