Ray Sahetapy: “Produksi FIlm Indonesia Harus Seperti Hollywood”

Produksi film Hollywood rupanya tidak hanya bagus dari outputnya, Ray Sahetapy pun, setelah terlibat dalam produksi Captain America: Civil War mengaku mendapatkan pengalaman yang cukup berkesan baginya.

Ray Sahetapy di Captain America:Civil War
Ray Sahetapy di Captain America:Civil War

Ray mengakui, etos kerja industri film Hollywood sangat professional. “Sebenarnya sama dengan di sini, cuma, perbedaannya saat sedang syuting ruang di mana kita berakting itu benar-benar seperti rumah ibadah. Semua konsentrasi, sepi, dan fokus,” ujarnya.

Setelah merampungkan syutingnya, Ray juga menganggap sikap yang ditunjukkan tim produksi Hollywood memang patut diacungi jempol etos kerjanya, “pas selesai syuting, mereka tampak bahagia dan memeluk saya, tanda bahwa kami sudah selesai kerja sama. Saya merasa tersanjung dengan perlakuan seperti itu,” tambahnya.

Atmosfer kerja seperti itu harus diterapkan di Indonesia, ungkap Ray. Perlakuan-perlakuan sederhana seperti itu akan membantu para aktor untuk fokus dan merasa dihargai, “kami (aktor) akan merasa terbantu dengan situasi seperti itu,” tambahnya.

Ray kini sudah merampungkan syutingnya bersama Captain America, dan sekarang Ray akan kembali terbang untuk kembali berakting di film terbarunya bersama Rizal Mantovani dalam produksi film yang mengangkat kisah situs purbakala di Gunung Padang, Jawa Barat.