Riza Shahab Perpanjang Daftar Kasus Narkoba Artis, Begini Kronologinya

Dunia entertainment Indonesia belum lama ini kembali tercoreng. Salah seorang pemain sinetron kenamaan Riza Shahab, ditangkap oleh pihak berwajib karena kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Baca Juga: Hobi Olahraga Bukan Jaminan, 4 Seleb Ini Malah Tersangkut Narkoba

Riza bukan seleb pertama yang sempat tersandung kasus serupa. Tahun ini saja, sudah ada banyak seleb kenamaan Tanah Air harus rela kreativitasnya dibendung di balik jeruji besi karena barang haram tersebut.

Lantas seperti apa kronologisnya hingga Riza kemudian bisa digelandang oleh pihak berwajib. Apakah ia didakwa sebagai pengguna atau pengedar? Daripada penasaran, berikut Beranda berikan penjelasan lengkapnya.

1. Dilaporkan masyarakat

Penangkapan Riza Shahab ternyata berawal dari laporan yang disampaikan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya. Menurut laporan beberapa sumber, sang artis tinggal di sebuah rumah kos yang ada di kawasan Pedurenan, Jakarta Selatan.

Sepertinya warga sekitar risih melihat gaya hidup Riza, yang sering mengundang banyak teman-temannya dan membuat kegaduhan. Polisi pun langsung menanggapi laporan tersebut dan bergerak untuk meminta keterangan pada pihak yang bersangkutan.

2. Tak ada di tempat saat disambangi

12 April 2018, pihak Kepolisian meluncur ke rumah kost Riza di Jakarta Selatan. Namun begitu sampai di lokasi, yang bersangkutan ternyata sedang tak berada di tempat.

Tak mau menyerah begitu saja, pihak berwajib lantas mengembangkan informasi yang mereka dapat. Setelah bertanya pada beberapa orang, didapatkan kesimpulan bahwa sang artis sedang berada di The Wave. Polisi pun langsung bergerak ke kompleks apartemen yang berada di Jakarta Selatan tersebut.

3. Kepergok nyabu bersama teman-teman

Begitu sampai di lokasi, pihak Kepolisian langsung meluncur ke lantai 23 dan menyerbu ke unit nomor 23-1A. Di sana mereka menemukan Riza sedang bersama lima rekannya, Rizka Hijrah Syafitria, Rastio Eko Fernando, Achmad Reza, Santry Napitupulu, dan Wedo Satria.

Setelah proses interogasi, mereka kemudian mengaku sudah mengonsumsi narkoba jenis sabu. Berdasarkan keterangan tersebut, pihak berwajib lantas melakukan penggeledahan. Barang bukti berupa obat-obatan terlarang maupun narkotika sama sekali tidak ditemukan, namun terdapat barang mencurigakan berupa korek dan bong atau alat hisap.

4. Positif narkoba

Pihak kepolisian lantas melakukan pemeriksaan urine pada Riza dan rekan-rekannya. Dalam waktu relatif singkat, diketahui bahwa dalam tubuh mereka positif mengandung amphetamine dan metaphetamine.

Keenam orang tersebut lantas ditangkap polisi untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Menurut keterangan dari beberapa media, mereka diduga melakukan pelanggaran terhadap Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

5. Jejak Riza Shahab di dunia hiburan

Riza Shahab adalah salah satu aktor yang cukup sering malang melintang di layar kaca. Ia pernah membintangi beberapa FTV seperti Ketupat Cinta Jodohnya Opor Sayang, Cantik-cantik Bau Ayam, Siti Duileh Mencari Cinta, dan Tukang Cendol & Debt Collector Cantik.

Baca Juga: Senasib Ello, 6 Musisi Ini Juga Terciduk Gara-gara Narkoba

Soal kehidupan asmara, Riza juga sempat beberapa kali disorot oleh media. Ia pernah dikabarkan menjalin hubungan spesial dengan sejumlah artis kenamaan seperti Elyzia Mulachela, Fitri Tropica, dan Deasy Bowman.