Keren, 7 Artis Indonesia Ini Pernah Mainkan Tokoh Pahlawan Nasional

Dunia perfilman Indonesia terasa kian semarak dari tahun ke tahun. Dari mulanya hanya fokus ke film horor, hingga kini muncul banyak film yang mengangkat tema pahlawan dan perjuangan.

Baca Juga: Salut, Inilah 5 Gaya Hidup Sederhana ala Artis Top Indonesia

Membuat film dengan tokoh dan tema pahlawan bukan pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan kecermatan dan ketelitian karena menyangkut akurasi sejarah sensitif. Oleh karena itu pemilihan artis dan aktor yang terlibat di dalamnya juga tak sembarangan.

Dian Sastro belum lama ini sukses besar dalam memerankan Kartini di film arahan Hanung Bramantyo. Kali ini Beranda akan hadirkan daftar lengkap seleb lain yang juga pernah memerankan tokoh pahlawan di film Indonesia.

1. Christine Hakim – Cut Nyak Dien

Christine Hakim pernah didapuk memerankan tokoh pahlawan asal Aceh, Cut Nyak Dien. Pembuatan film kolosal ini memakan waktu tiga tahun, sebelum akhirnya resmi dirilis pada 1988 silam.

Bukan perkara mudah bagi artis senior seperti Christine untuk memerankan tokoh Cut Nyak Dien. Sutradara Eros Djarot mengungkapkan bahwa kala itu ia mewajibkan wanita berusia 60 tahun itu untuk membaca tak kurang dari 14 buku untuk mendalami karakter yang ia mainkan.

Namun semua usaha itu tak sia-sia. Hingga sekarang, Cut Nyak Dien masih dianggap sebagai salah satu film terbaik di sejarah perfilman Indonesia. Bahkan konon pernah masuk ajang Academy Awards untuk kategori Film Berbahasa Asing terbaik.