Media Sosial Unik

Sindir Perokok, Pemuda ini Pungut Puntung Berserakan di Malioboro

Oleh -

Apa yang dilakukan Bekti Maulana ini layak mendapat ajungan jempol paling tinggi. Ini karena pria asal Jogja ini menampilkan aksi ciamik sebagai wujud kecintaan terhadap kebersihan.

Bekti menjaga kebersihan jalanan Malioboro dari puntung rokok dengan cara memunguti satu per satu puntung rokok yang berserakan di jalanan Malioboro. Aksi Bekti ini kemudian ia posting di akun facebooknya.

“Semalam cuma di malioboro mungutin puntung rokok.”

“Saya memungut puntung rokok bukan berarti saya benci perokok. Saya pernah merokok, ayah saya merokok, om saya, pakde saya, simbah saya, dan teman-teman saya juga merokok.” begitu kata Bekti.

Apa yang dilakukan Bekti bukanlah wujud kebencian kepada perokok. Ia hanya menyayangkan jika puntung rokok dibuang sembarangan hingga mengotori lingkungan.

“Saya hanya benci kebiasaan beberapa perokok yang merokoknya sembarangan dan buang puntung rokoknya pun…huhh!” kata Bekti.

(c) Facebook Bekti Maulana

“Aku melakukan ini karna tidak ingin ada orang yang mengatakan semua perokok itu selalu merokok sembarangan dan buang puntung rokok sembarangan. Karna keluargaku dan teman-temanku tidak seperti itu.”

Bekti juga berkeyakinan jika tak semua perokok punya kebiasaan buruk membuang puntung sembarangan. Ia pun mengirimkan pesan kepada para perokok untuk tak membuang puntung sembarangan.

“Jadilah perokok terhormat dengan merokok dan membuang puntung rokok tidak di sembarang tempat!” begitu pesan Bekti.

Foto Bekti mengenakan blangkon dan memunguti puntung rokok di sepanjang Malioboro kemudian jadi viral. Di postingannya saja sudah ada lebih dari 600 likes dan sudah 90 kali dibagikan dengan lebih dari 90 komentar.

Postingan yang sama juga tampak di halaman grup info Cegatan Jogja. Senada dengan postingan di akun facebook Bekti, di halaman grup info Cegatan Jogja banyak juga netizen memberikan respon positif.

“Nah iki sek njenenge jogja istimewa bukan cuma kota nya tapi orang orang nya.. Ditiru lur iki jiwa jogja” tulis Saiful Nurdin.

“mantap jiwa” ujar Heru Santosa.

Ada juga komentar netizen yang meminta Bekti untuk menjaga kesehatan dengan tidak menyentuh puntung rokok secara langsung. “Wohhh salut masnya super tenan, kalo bisa pake alat mas biar lebih higienis” kata Dicky Ziya di postingan yang sudah menuai lebih dari 1400 like ini. Next

loading...

Apakah Kamu Setuju?