Sinestesia, Rilisan Album Ketiga Efek Rumah Kaca Terbaru

Setelah tujuh tahun lamanya, ERK atau Efek Rumah Kaca, sejak rilisan terakhir “Kamar Gelap” pada 2008 silam, kini kembali rilis album barunya. Dengan tajuk “Sinestesia”, grup musik yang digawangi oleh Cholil Mahmud, Adrian Yunan, dan Akbar Bagus itu merilis album ketiganya ini dengan format rilisan digital.

Sinestesia Efek Rumah Kaca
Sinestesia Efek Rumah Kaca

Album Sinestesia berisi enam judul, yaitu “Merah”, “Biru”, “Jingga”, “Hijau”, “Putih”, “Kuning”. Judul-judul lagu tersebut yang menggunakan nama warna sebenarnya terdiri dari dua fragmen lagu, seperti materi “Putih” yang berisi lagu “Tiada” dan “Ada” yang sudah dirilis duluan beberapa saat lalu.

Terdiri dari dua fragmen lagu itulah mengapa materi lagu dalam album tersebut memiliki durasi yang panjang. Sebut saja di lagu “Jingga” yang memiliki berdurasi terpanjang selama 13 menit 28 detik.

Efek Rumah Kaca dalam siarannya mengungkapkan perihal perilisan abum ini, “Album Sinestesia mengajak penggemar Efek Rumah Kaca bersama-sama menikmati perjalanan musikalitas Efek Rumah Kaca dari album pertama, kedua, hingga perubahan gaya bermusiknya di album ketiga ini. Sinestesia, adalah album yang sinematis. Jika didengarkan, ia akan mengajak pendengarnya mengembara di alam khayal masing-masing pendengarnya,”

Jadi, sudah siapkah untuk berkhayal dengan fragmen-fragmen album Sinestesia?

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.