Belajar dari Kasus Saori, Waspadai 10 Tanda Pacarmu Adalah Seorang Psikopat!

Kisah Saori, seorang wanita cantik yang babak belur dipukuli kekasihnya sempat menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Kebanyakan orang mengutuk aksi JFJ, pacar Saori yang tega memukuli ibu satu orang anak itu. JFJ diduga adalah seorang psikopat, yang dengan tega menyakiti Saori hingga babak belur seperti itu.

Tentu Saja ini jadi pelajaran bagi banyak wnaita agar berhati-hati memilih pasangan. Nah belajar dari kasus Saori, berikut ini ada 10 tanda bahwa kekasihmu berpotensi sebagai psikopat.

1. Berlaku berlebihan pada kencan pertama

Berhati-hatilah jika pria tersebut cenderung berbuat berlebihan di kencan pertama kalian. Dia banyak memuji Anda secara berlebihan,  dia akan tertawa terbahak-bahak pada joke kecil Anda dan lain sebaginya. Ini disebut sebagai “love bombing” atau phase dimana dia berusaha mendapatkan perhatian dan kepercayaanmu.

2. Dia mulai meniru Anda

Seorang psikopat dengan sekuat tenaga akan meyakinkan Anda bahwa dialah soulmate tepat untuk Anda. Secara mendadak dia akan meyukai apa yang Anda sukai, melakukan hobi yang sama seperti Anda, dan mengatakan kalian punya masa lalu yang sama shingga cocok satu sama lain. Ini adalah fase “mirroring” dimana seorang psikopat yang tak punya identitas diri yang sebenarnya, mencoba untuk “menyerap” diri Anda dan seolah jadi cermin untuk diri Anda sendiri.

3. Selalu ingin dikasihani

Psikopat cenderung akan berbuat sesuatu yang membuat Anda mengasihi dirinya dan mencari simpati Anda~google.com
Psikopat cenderung akan berbuat sesuatu yang membuat Anda mengasihi dirinya~google.com

Seorang psikopat akan cenderung berusaha membuat Anda simpati dan kasihan padanya. Saat kencan pertama, sambil berurai air mata; dia akan bercerita betapa kejamnya dulu pacarnya selingkuh, ibunya yang meninggalkan dirinya atau ayahnya yang suka memukulnya. Cerita dramatis akan keluar dari mulutnya untuk membuat Anda kasihan dan  bersimpati padanya.

4. Dia bercerita tentang penyakitnya

Pada dasarnya, seorang psikopat sangat senang dikasihani. Karena itulah saat awal-awal berkenalan, tak malu ia mengatakan tentang penyakit yang diidapnya. Kadang mereka mengklaim mengidap penyakit serius dan sedang berjuang untuk menyembuhkanya, serta butuh Anda untuk membantu mereka melewati semua ini.

5. Pencemburu tanpa alasan

Psikopat umumya punya sikap paranoia, sehingga ia akan mencemburui semua tindakan dan juga aktivitas Anda. Ia akan cenderung mengontrol Anda dan mematai-matai Anda baik secara langsung ataupun melalui sosial media, memastikan Anda tak bisa berinteraksi dengan lawan jenis.

6. Narsis

Psikopat umumnya punya sikap narsis yang berlebihan. Didepan Anda, mereka tak segan membanggakan diri sendiri. Mereka merasa hebat dan punyab kelebihan dibanding orang lain bahkan juga mantan-mantan Anda sebelumnya.

7. Suka bohong

Seorang psikopat juga punya kecenderungan suka berbohong dan memanipulasi keadaan~ whatzhotandnot.com
Seorang psikopat juga punya kecenderungan suka berbohong~ whatzhotandnot.com

Psikopat punya kecenderungan suka bohong dan memanipulasi keadaan. Saat ketahuan, mereka justru akan balik meyerang Anda dan membuat Anda merasa bersalah. Mereka akan menyalahkan sikap atau perhatian Anda, yang menjadi pemicu mereka berbohong dan tak jujur pada Anda.

8. Gemar membandingkan Anda dengan mantannya

Jika kalian sedang bertengkar atau beradu argument, psikopat akan membandingkan Anda dengan mantan-mantan kekasihnya yang dulu. Maksudnya bukan untuk membuat Anda cemburu, tapi inilah cara yang disukainya untuk melukai harga diri dan juga perasaan Anda.

9. Cepat naik darah dan main tangan, kemudian menangis minta maaf

Hati-hatilah jika pacar mulai main tangan dan bersikap kasar pada Anda, lalu sekejap menangis minta maaf dan mengaku menyesal. Namun di kemudian hari, dia akan melakukan hal yang sama lagi pada Anda. Umunya, psikopat ini akan menagis dan bahkan bersujud di kaki Anda jika Anda mengancam akan meningalkanya akibat kebiasaan kasarnya ini. Namun jika Anda memberinya kesempatan lagi, maka tindakan yang dilakukanya bisa makin kasar dan berbahaya.

10. Mengancam akan bunuh diri

Seperti yang disebut diatas, psikopat cenderung punya sikap controlling namun ingin dikasihani. Karena itulah orang-orang ini akan menyiksa perasaan Anda dengan tingkah aneh mereka. Tak jarang, mereka mengacam akan bunuh diri bahkan melukai diri sendiri, jika Anda ingin meninggalkan mereka. Ini semata-mata dilakukan untuk menguasai Anda dan menyiksa perasaan Anda.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.