Walt Disney Pictures Kepincut ‘Battle of Surabaya’

Hasil karya anak Indonesia, terutama pada industri film mulai menunjukkan potensinya. Setelah beberapa kabar dari aktor-aktor Indonesia yang dipanggil ke Hollywood, kini film kartun asli Indonesia yang dilirik oleh studio film raksasa.

battleFilm kartun dengan tema sejarah bangsa Indonesia, yang berjudul Battle Of Surabaya ini diproduksi oleh MSV Pictures selama tiga tahun. Selama masa pembuatan itu pula, Battle Of Surabaya ini dilirik oleh berbagai pihak, termasuk Walt Disney Pictures.

MSV Pictures pun dikabarkan sudah sepakat bekerja sama dengan perusahaan produksi film kartun ini. Disney memberikan tiga pilihan kepada MSV Pictures untuk Battle Of Surabaya, yaitu membeli putus, melabeli film ini dengan nama Disney, dan membantu dari segi teknis dan promosi. MSV Pictures kemudian memilih untuk bekerja sama dengan opsi ketiga.

“Nantinya Disney akan membantu segi teknis dan promosi, karena Disney punya jaringan distribusi film yang luas,” ujar Aryanto Yuniawan, sutradara film ini seperti dilansir CNN Indonesia.

Battle of Surabaya sendiri berkisah tentang peristiwa 10 November, yang terjadi di Surabaya. Jika pada sejarah ditekankan pada perjuangan Bung Tomo, maka pada film ini menggunakan sudut pandang Musa, penyemir sepatu yang juga menjadi kurir surat.

Film ini sudah mendapat banyak penghargaan hanya dari trailernya, seperti People’s Choice Award di International Movie Trailer Festival pada 2014 lalu. Battle of Surabaya rencananya akan tayang 20 Agustus mendatang, dengan pengisi suara dari artis terkenal seperti Maudy Ayunda dan Reza Rahadian.