Ngeri! Indonesia Ada di Urutan 4 Dari 10 Negara Dengan Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Tertinggi di Dunia

Elist10.com baru-baru ini merilis daftar 10 negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia. Dan secara mengejutkan, Indonesia ada di urutan 4 dalam daftar tersebut. Meskipun bukan yang ada di nomor satu, namun tetap saja fakta ini sangat miris dan memprihatinkan. Lalu negara mana sajakah dengan tingkat kecalakaan tertinggi di dunia selain Indonesia, seperti yang dikutip dari elist10.com ini?

(ilustrasi) Indonesia ada dalam daftar 10 negara dengan tingkat kecelakaan tertinggi di jalan raya yang menewaskan banyak orang~CNN.com
(ilustrasi) Indonesia ada dalam daftar 10 negara dengan tingkat kecelakaan tertinggi~CNN.com

10. Thailand

Rata-rata pertahun: 24.200 kasus kecelakaan

Thailand ada di urutan 10 dalam daftar negara dengan tingkat kecelakaan tertinggi di dunia ini. Selain karena kontur jalan yang lurus dan licin, kecelakan di Thailand terjadi akibat dari pengendara Tuks-tuks atau angkutan tradisional di sana yang kurang berdisiplin di jalan raya.

9. Iran

Rata-rata pertahun: 24.800 kasus kecelakaan

di negri para Mullah ini, kecelakaan lalu lintas menyumbang daftar kematian terbanyak ke dua. Aksi pengemudi yang kerap mengabaikan rambu-rambu, dan tak adanya fasilitas cukup untuk pejalan kaki jadi penyebab tingginya tingkat kecelakaan di negara itu.

8. Pakistan

Rata-rata pertahun: 25.700 kasus kecelakaan

Tingkat kecelakaan di Pakistan cukup tinggi, sebab jalanan di negara tersebut memang selalu padat. Selain itu, kendaraan berbadan besar dengan kondisi yang buruk dan tua yang dibiarkan  bebas melintas di jalanan umum negara ini, jadi penyebab lain tingginya tingkat kematian di jalanan Pakistan.

7. Rusia

Rata-rata pertahun: 27.000 kasus kecelakaan

Meski termasuk negara maju, Russia juga masuk daftar dalam negara dengan tingkat kecelakaan tertinggi di dunia. Beberapa faktor seperti pengemudi yang melanggar rambu-rambu hingga kontruski jalan di malam hari, jadi penyebab tingginya tingkat kecelakaan di negara itu.

6. Amerika

Rata-rata pertahun: 34.000 kasus kecelakaan

Mabuk, dalam pengaruh narkoba dan kebut-kebutan; jadi penyebab tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas di negri Paman Sam ini. Hampir setiap hari, orang Amerika akan membaca atau melihat berita mobil kecelakaan, tabrakan atau terbakar yang seolah sudah jadi makanan mereka sehari-hari.

5. Nigeria

Rata-rata pertahun: 35.600 kasus kecelakaan

Kondisi jalanan yang buruk jadi penyebab betapa tingginya tingkat kecelakaan di Nigeria. Di negara ini, rambu-rambu di jalan raya sama sekali tak banyak membantu para pengemudi yang turun ke jalanan. Yang membuat miris, pejalan kaki kerap jadi korban utama dalam kecelakaan lalu lintas di negara tersebut.

4. Indonesia

Banyak faktor yang menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya di negara kita Indonesia~Bacatulisan.com
Banyak faktor yang menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya Indonesia~Bacatulisan.com

Rata-rata pertahun: 38.000 kasus kecelakaan

Semakin bertambahnya jumlah kendaraan yang turun ke jalan namun tak ditunjang oleh pembangunan sarana memadai, dan angkutan umum yang kerap melanggar lalu lintas; dituding jadi penyebab tingginya tingkat kecelakaan di Indonesia. Selain itu faktor alam seperti pohon tumbang, kondisi jalan yang buruk dan kurang disiplinnya pengendara; membuat Indonesia ada di urtan 4 negara dengan kasus kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia.

3. Brazil

Rata-rata pertahun: 41.000 kasus kecelakaan

90% jalanan di negri Samba ini diklaim tidak layak dilewati oleh kendaraan. Pengemudi yang tak sabaran dan kontur jalan yang buruk, membuat tingkat kecelakaan jalan raya di Brazil cukup tinggi sekali.

2. India

Rata-rata pertahun: 238.000 kasus kecelakaan

Lalu lintas yang crowded, tak beraturan dan juga pengemudi yang seenaknya sendiri; membuat India ada di urutan kedua negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia. Tak hanya bus, bahkan kereta api pun kerap mengalami kecelakaan fatal di negara itu.

1. China

Rata-rata pertahun: 261.300 kasus kecelakaan

Diketahui sebagai negara terpadat di dunia, wajar saja jika China ada di urutan pertama dalam daftar negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia. Selain kontrur jalan, pengemudi yang ugal-ugalan dan tumpah ruahnya segala macam alat transporasti yang turun di jalan; membuat tingkat kematian akibat kecelakaan di China sangat tinggi sekali.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.