15 Mei 2015, Selamat Ulang Tahun Sunny SNSD!

Tanggal 15 Mei 2015 yang jatuh pada hari Jum’at ini, tentu menjadi hari yang sangat spesial bagi personil SNSD, Lee Soon-kyu, atau yang kerap di sapa Sunny. Menginjak umur 26 tahun, Sunny tentunya memiliki kebanggan sendiri, karena telah menjadi salah seorang personil dari girl group nomor satu di Korea Selatan. Namun, dibalik ketenarannya tersebut, Sunny rupanya punya cerita mengenai perjuangannya sebelum menjadi member SNSD.

15 Mei 2015, Selamat Ulang Tahun Sunny SNSD!~deviantart.com
15 Mei 2015, Selamat Ulang Tahun Sunny SNSD!~deviantart.com

Terlahir di Los Angeles pada tahun 1989, Sunny merupakan anak terakhir dalam keluarganya. Ia memiliki dua orang kakak perempuan bernama Lee Jin Kyu dan Lee Ein Kyu. Tak lama setelah lahir, Sunny kecil harus pindah bersama orang tuanya ke Kuwait sebagai pengungsi. Tumbuh di Kuwait rupanya tak mudah bagi Sunny, ia harus sering mendengar suara tembakan, dikarenakan saat itu bertepatan dengan perang teluk antara Kuwait dan Irak, jadi tak heran jika hingga saat ini Sunny memiliki phobia pada suara ledakan, termasuk kembang api.

Melihat kondisi tersebut, keluarga Sunny akhirnya memutuskan untuk kembali ke negara asalnya, Korea Selatan. Kehidupan Sunny kecil terbilang cukup berada, dikarenakan orang tuanya yang saat itu cukup sukses dalam mengelola usaha. Belakangan ia juga diketahui sebagai keponakan dari pendiri SMEntertainment, Lee Soo Man. Mengawali karirnya dalam dunia hiburan Korea, Sunny memulainya dengan menjadi trainee dari SMEntertainment selama 5 tahun sejak tahun 1998. Namun, ia kemudian ditransfer ke agensi lain, yakni Starworld Entertainment, dan dimasukkan ke dalam duo bernama ‘Sugar’. Sayangnya, duo tersebut tak pernah muncul ke publik, dan akhirnya mau tak mau harus dibubarkan tanpa debut sama sekali.

Setelah hiatus cukup lama, Sunny akhirnya direkomendasikan untuk kembali masuk ke SMEntertainment pada tahun 2006. Mungkin atas dasar pertimbangan sudah pernah menjadi trainee, Sunny kemudian hanya dilatih selama 9 bulan dan langsung didebutkan bersama 8 member SNSD lainnya pada pertengahan 2007. Awal karirnya bersama SNSD dimulai dengan meluncurkan single pertama mereka yang berjudul ‘Into The New World’ yang menjadi titik awal perjuangan Sunny bersama SNSD sebagai girl group.

Beberapa kali menelurkan lagu seperti, ‘Girl’s Generation’ dan juga ‘Kissing You’ SNSD mulai mendapat banyak respon balik dari publik Korea yang memuji penampilan polos mereka. Memasuki tahun 2009, SNSD termasuk Sunny rupanya kembali dengan sebuah mini album yang membuat nama mereka meroket tinggi dengan judul lagu ‘Gee’. Lagu tersebut secara cepat memuncaki semua chart musik Korea dan makin memperkuat nama SNSD sebagai girl group dengan popularitas tertinggi kala itu. Bahkan dalam salah satu program musik, lagu ini berhasil bertahan selama 9 minggu di peringkat pertama.

Lagu Gee dari SNSD berhasil melambungkan nama SNSD termasuk Sunny~snsdpics.com
Lagu Gee dari SNSD berhasil melambungkan nama SNSD termasuk Sunny~snsdpics.com

Setelahnya, SNSD makin memperkuat posisi sebagai girl group nomor satu dengan meluncurkan lagu-lagu baru seperti, ‘Genie’, ‘Oh!’, ‘The Boys’, hingga yang paling anyar ‘Mr. Mr’. Sayang, Sunny cs harus kehilangan satu anggota mereka, yakni Jessica, usai menutup promosi lagu ‘Mr. Mr’. Ketenaran tersebut, tentunya juga ikut berimbas pada karir Sunny yang menyandang gelar sebagai personil SNSD. Selain menjadi personil SNSD, rupanya Sunny juga aktif sebagai seorang penyiar radio. Tak hanya itu, ia juga beberapa kali menjadi pengisi OST drama Korea ternama, salah satunya berjudul ‘Your Doll’ untuk drama ‘Oh! My Lady’. Dua tahun lalu, Sunny bahkan ikut dalam pementasan drama musikal ‘Catch Me If You Can’ memerankan tokoh Brenda Strong.

Sunny dalam drama musikal 'Catch Me If You Can'~keksprinzessin.wordpress.com
Sunny dalam drama musikal ‘Catch Me If You Can’~keksprinzessin.wordpress.com

Walau tenar, Sunny kerap kali digosipkan miring perihal masuknya ia sebagai trainee SMEntertainment. Tak lain karena dirinya sebagai keponakan pendiri SMEntertainment, Lee Soo Man. Banyak yang mengatakan bahwa dirinya menggunakan cara ‘belakang’ untuk masuk dalam agensi besar Korea tersebut. Namun, hal tersebut terbantahkan ketika video Sunny saat diaudisi beredar. Hal itu juga terbantahkan ketika Sunny secara tegas mengatakan bahwa ia ikut audisi yang diselenggarakan resmi oleh pihak SMentertainment.

Saat ini Sunny dan SNSD dikabarkan tengah mempersiapkan album baru mereka. Dibalik kesibukannya, fans rupanya merayakan ulang tahun Sunny dengan ramai membuat hashtag #HappySunnyDay serta #515HappySunnyDay diiringi doa dari para SONE, panggilan akrab fans SNSD. Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun Sunny SNSD!

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.