#28HBD_TAEYANG, Selamat Ulang Tahun Taeyang BigBang!

Kembali, seorang idol kpop merayakan ulang tahunnya, hari ini 18 Mei 2015. Ialah idol kpop bernama Dong Young-bae atau yang lebih dikenal oleh para fans dengan nama Taeyang, resmi menginjak umur ke 27 tahun (secara internasional) atau 28 secara Korea. Hadir sebagai bagian dari boy group BigBang, Taeyang tentunya memiliki cerita awal mula perjuangannya menjadi idola kpop seperti saat ini.

#28HBD_TAEYANG, Selamat Ulang Tahun Taeyang BigBang! ~ theoneshots.com
#28HBD_TAEYANG, Selamat Ulang Tahun Taeyang BigBang! ~ theoneshots.com

Lahir di daerah Pocheon, Gyeonggi-do, Korea Selatan pada tahun 1988, Taeyang merupakan anak terakhir dalam keluarganya. Kakaknya adalah seorang aktor Korea bernama Dong Hyun Bae. Masa kecil Taeyang terbilang cukup sulit, karena keluarganya memiliki kesulitan finansial kala itu. Kesulitan tersebut membuat Taeyang harus hidup jauh dari kedua orang tuanya. Cita-citanya menjadi seorang penyanyi membuat Taeyang menjadikan radio serta musik sebagai penyemangat hidupnya, manakala ia harus hidup jauh dari kedua orang tua.

Rupanya, awal karir Taeyang didunia hiburan Korea ia mulai dengan menjadi bagian dari MV duo JinuSean yang berjudul ‘A-Yo!’. Setelah itu, Taeyang memutuskan untuk mengikuti audisi yang diadakan oleh YG dan pada akhirnya ia diterima. Pada awalnya, keputusan Taeyang ini tidak direstui oleh orang tuanya. Namun karena Taeyang menangis dan mengaku tak bicara pada orang tuanya selama 2 minggu, maka kedua orang tua Taeyang pun mengizinkannya untuk menjadi trainee YG

Mengawali hidupnya sebagai trainee, Taeyang rupanya bertemu dengan GD dan dengan cepat menjadi akrab. Keduanya bahkan direncakan menjadi duo GDYB, namun hal tersebut tidak terlaksana karena pihak YG mengumumkan bahwa Taeyang dan GD akan dimasukkan kedalam sebuah boy group beranggotakan 6 orang. Sayang, salah seorang dari anggota group tersebut dikeluarkan sebelum debut, dan hanya menyisakan 5 orang member yakni, GD, Taeyang, TOP, Daesung, dan Seungri. Menjalani masa trainee selama 6 tahun, Taeyang dan 4 anggota lainnya pun didebutkan pada tahun 2006 dengan nama BigBang. Kala itu, BigBang meluncurkan 3 EP(Extended Play) dalam kurun waktu 4 bulan dan mendapat respon baik dari masyarakat. Setelah mengeluarkan 3 album mini tersebut, Bigbang akhirnya merilis sebuah album full berjudul ‘Bigbang Vol.1’ atau yang lebih dikenal dengan ‘Since 2007’. Peluncuran album ini sendiri terhitung sukses, mengingat tingginya angka penjualan album tersebut dalam waktu yang singkat.

Album pertama BigBang berjudul 'BigBang Vol.1' ~ j-beom.deviantart.com
Album pertama BigBang berjudul ‘BigBang Vol.1’ ~ j-beom.deviantart.com

Tak lama setelah debut, Taeyang rupanya ditunjuk untuk berkarir solo lebih dulu diantara member lainnya. Single ‘Ma Girl’ pun menjadi lagu yang dibawakan Taeyang untuk karir solonya tersebut, lagu Ma Girl sendiri dirilis pada tahun 2006. Setelah itu, pada tahun 2008, Taeyang kembali tampil solo dengan menelurkan mini album yang berjudul ‘Hot’. Lepas dari mini album tersebut, pada tahun 2010 Taeyang akhirnya berkesempatan untuk membuat sebuah full album, dan akhirnya dirilis pada bulan Juli dengan judul ‘Solar’ yang terbagi kedalam dua edisi, yakni Reguler Edition dan Deluxe Edition.

Album pertama Taeyang yang berjudul 'Solar' ~ janenology.wordpress.com
Album pertama Taeyang yang berjudul ‘Solar’ ~ janenology.wordpress.com

Tahun 2013, Taeyang kembali diumumkan mengeluarkan sebuah single berjudul ‘Ringa Linga’. Setahun setelahnya, Taeyang langsung diumumkan akan mengeluarkan full album kedua yang berjudul ‘Rise’. Setelah dirilis pada tanggal 2 Juni 2014, album ‘Rise’ milik Taeyang meraih all kill diseluruh chart musik Korea. Lagu ‘Eyes, Nose, Lips’ pun menjadi lagu yang mengantarkan Taeyang meraih beberapa penghargaan acara musik ditahun 2014. Menjelang akhir tahun, rupanya Taeyang dan personil BigBang lainnya, yakni GD, berkolaborasi dengan mengeluarkan single ‘Good Boy’ yang dengan mengejutkan, berhasil meraih posisi 1 dalam Billboard World Digital Songs.

Proyek duo GD X Taeyang dengan lagu 'Good Boy' ~ koreaboo.com
Proyek duo GD X Taeyang dengan lagu ‘Good Boy’ ~ koreaboo.com

Tahun 2015 ini, para member BigBang termasuk Taeyang baru saja merilis 2 buah single berturut-turut, berjudul ‘Loser’ dan ‘Bae Bae’. Dua single tersebut berhasil memecahkan rekor sebagai MV Kpop paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam. Terhitung sebanyak 4,4 juta viewers yang telah melihat musik video tersebut pasca dirilis. Tentunya hal tersebut makin memperkuat posisi Bigbang sekaligus Taeyang sebagai idol grup yang berpengaruh di Korea.

Para fans tentunya tak ingin ketinggalan moment bahagia Taeyang ini. Ramai #28HBD_TAEYANG di twitter, para VIP, sebutan untuk fans BigBang, sudah sejak beberapa jam lalu menempatkan hashtag tersebut dalam urutan atas trending topik. Doa dan harapan para fans, tentunya terus mengalir untuk pria yang jago nge-rap dan dance ini. Selamat Ulang Tahun Taeyang!

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.