5 Alasan Antimainstream Kamu Harus Beli Jajanan Tradisional Indonesia

Siapa sih yang nggak tahu segarnya es krim, lumernnya cheesecake, ataupun crunchynya waffle? Tapi, ketenaran mereka masih kalah lho sama jajanan tradisional asli Indonesia punya banyak kelebihan. Apa saja? Yuk intip!

Aneka jajanan tradisional Indonesia
Aneka jajanan tradisional Indonesia

1. Ramah di Kantong

weirdomatic.com
weirdomatic.com

Untuk sepotong cheese cake, kamu bisa membelinya minimal seharga 10 ribu. Tapi, untuk jajanan tradisional yang mengenyangkan seperti lemper, uang 10 ribu bisa mendapatkan 3 buah.

2. Familiar di Lidah

flickr.com
flickr.com

Untuk kamu yang pertama kali mencicipi sorbet ataupun chocolate truffle, biasanya harus mereka-reka dulu, ‘ini makanan rasanya gimana ya?’. Tapi ketika pertama kali mencicipi lumpia Semarang atau onde-onde Mojokerto, kamu pasti bisa langsung berkomentar. Kenapa? Karena secara tidak langsung bumbu yang dipakai mirip dengan makanan di rumah.

3. Ada di Mana-mana

seriouseats.com
seriouseats.com

Biasanya cheese cake atapun waffle hanya bisa didapatkan di restoran atau cafe tertentu. Nah, kalau jajanan tradisional? Tetanggamu pasti ada yang jual atau didekat rumahmu, pasti ada yang jual.

4. Cocok buat Anak Kos

wordpress.com
wordpress.com

Akhir bulan biasanya uang di dompet maupun rekening lagi sekarat. Makan pun harus mikir-mikir dulu. Tapi bersyukurlah ada penjual gorengan di deket kosan. Cuma modal 5 ribu rupiah, dijamin perut laparmu nggak akan meronta lagi.

5. Banyak Varian

sidomi.com
sidomi.com

Memang sih, western dessert punya banyak varian, tapi jika kamu sering memakannya, kamu akan sadar akan rasanya yang gitu-gitu aja alias flat dan bikin bosen

Sekarang, bandingkan dengan jajanan tradisional seperti weci, pisang goreng, tempe menjes, onde-onde, nagasari, lumpia, ataupun tahu isi. Meskipun bentuknya hampir sama, tapi soal rasa jauh berbeda.

Jadi, jangan ragu buat mencintai produk Indonesia termasuk jajanannya ya!

Dinar Firda Rosa

just another girl! Google me and find out yourself~