5 Band Indonesia yang Go International

Musik Indonesia ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja. Sudah banyak band-band Indonesia yang sudah Go International dan mereka memiliki penggemar yang tidak sedikit diluar sana. Band-band ini juga memiliki beberapa penghargaan yang bisa dikatakan hanya band-band tertentu saja yang pantas mendapatkannya. Berikut 5 Band Indonesia yang berhasil Go Internatonal.

Band

1. BURGERKILL

BurgerkillBurgerkill adalah band yang bergenre metalcore. Band ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Adapun band ini bisa terbentuk karena inisiatif dari Eben (Gitaris) pada tahun 1995. Eben adalah satu-satunya pendiri yang masih aktif dalam band Burgerkill ini. Adapun Ivan (Vokalis) yang juga sebagai pendiri band ini meninggal pada tahun 2006 silam. Kimung (Bass) dan Dadan (Gitaris) memutuskan untuk keluar. Kini Burgerkill memiliki personil Vicky (Vokalis), Eben (Gitaris), Andris (Drummer), Ramdan (Bass), Agung (Gitaris). Awalnya Burgerkill hanya “numpang’ manggung. Tetapi pada awal tahun 1999 mereka mendapat tawaran rekaman diperusahaan independent Malaysia, Anak Liar Records. Hingga pada akhirnya mereka membuat album ke-3 dibawah label mereka sendiri, Revolt! Records pada pertengahan bulan Agustus, 2006. Sudah banyak perhargaan yang band ini dapatkan, termasuk penghargaan yang baru-baru saja ini mereka dapatkan yaitu penghargaan Metal As Fu*k di Golden Gods Award, London, Inggris, 2013 silam.

2. SUPERMAN IS DEAD

sidSuperman Is Dead atau kerap disapa SID adalah band yang berasal dan bermarkas di Bali. Awal terbentuk band ini pada tahun 1995. Saat itu I Made Ari Astina yang kerap disapa Jerinx ingin membentuk band. Kemudian dia bertemu dengan I Made Budi Sartika yang biasa disapa Bobby Kool yang ingin menjadi seoarang gitaris dan vokalis. Kemudian I Made Bawa yang disapa Lolot juga mengisi posisi bass. Setelah itu mereka banyak manggung dengan membawakan lagu-lagu dari green day. Lama kelamaan lolot keluar dari band, dan seorang Eka Arsana lah yang mengisi kekosongan posisi bass. Tiga orang pemain musik ini sebenarnya memiliki nama band Superman Is Silver Gun. Tetapi, lama kelamaan mereka merasa nama tersebut tidak cocok dengan jati diri mereka sehingga terbentuklah nama Superman Is Dead yang berarti Manusia yang bisa segalanya itu tidak ada, Tidak ada manusia yang sempurna yang hidup dibumi ini. Selama karirnya, mereka telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Tur luar negeri juga sudah pernah mereka lakukan, termasuk tur 8 kota di Autralia pada tahun 2007.

3. The S.I.G.I.T

THE-S.I.G.I.TThe S.I.G.I.T bukanlah sebuah nama orang. Bukan juga singkatan dari nama-nama personilnya karena nama personilnya adalah Rekti, Adit, Farri, dan Acil. The S.I.G.I.T adalah singkatan dari The Super Insurgent Group Intemperance Talent. Band The S.I.G.I.T dibentuk pada tahun 2002. Mereka awalnya hanya manggung di acara perkuliahaan Universitas yang ada di Bandung. Kemudian karena mereka berempat melek teknologi, mereka mempromosikan band mereka di jejaring sosial media yang populer saat ini termasuk MySpace hingga pada akhirnya mereka mendapatkan tawaran dari salah satu label Australia. The S.I.G.I.T pun meneriwa tawaran dari label tersebut dengan syarat membawakan album dengan versi Australia. Pada akhirnya, mereka terkenal dengan cepatnya pada masa itu di Australia. Hingga saat ini The S.I.G.I.T sering manggung di panggung-panggung internasional.

4. NOXA

NOXANoxa adalah band yang terbentuk pada pertengahan Maret, tahun 2002 dengan aliran grindcore dan berasal dari Jakarta. Personilnya saat ini adalah Tonny (Vocal), Ade (Gitar), Dipa (Bass), dan Alvin (Drum). Pada posisi drum sebenarnya diisi oleh Robin yang sekaligus menjadi pelopor berdirinya band Noxa ini bersama Ade. Tetapi, karena kecelakaan yang menewaskannya pada tahun 2009 posisi drum digantikan oleh Alvin. Band Noxa telah banyak mengharumkan nama Indonesia karena telah manggung ke beberapa kota diluar negeri. Termasuk pada tahun 2008 di Finlandia dan baru baru ini Noxa mengibarkan bendera merah putih pada Obscene Extreme Festival pada tahun 2010.

5.  SHAGGYDOG

SHAGGYDOGShaggydog adalah sebuah band yang beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo. Band ini terbentuk pada tanggal 1 Juni 1997. Personil menyebut bahwa bandnya beraliran “Doggy Style” yaitu perpaduan beberapa aliran musik seperti reggae, jazz, ska, swing, dan rock. Nama band ini melambung pertama kali pada saat mereka melakukan tur 8 kota di Jawa. Pada tahun 2006, Shaggydog di undang oleh Festival Mundial Production untuk melakukan tur sebelas kota di Belanda. Kemudia, pada tahu 2009 mereka ber-enam kembali membawa nama baik musik Indonesia dengan tampil di Darwin Festival.

Iqbal Nugroho

Pria yang bernama Iqbal Haryadi putra bungsu dari clan Nugroho, berharap tulang rusukku kelak yang bisa merubah kebiasaan burukku perlahan