6 Fakta Ini Akan Membuatmu Merasa Beruntung Punya Kulit Sawo Matang

Pepatah orang bijak mengatakan cantik itu relative. Namun, entah mengapa di Indonesia penilaian cantik malah menjadi penilaian yang mutlak . Ya kalau tidak langsing, pasti berkulit putih atau setidaknya berkulit kuning langsat. Tentu paradigma yang terlalu mainstream ini membuat para wanita berkulit gelap atau bernuansa sawo matang mendadak melipir karena merasa minder dengan penampilannya. Padahal kulit sawo matang bisa dijadikan identitas dan ciri khas asli kita sebagai wanita Indonesia.

Fakta Ini Akan Membuatmu Merasa Beruntung Punya Kulit Sawo Matang
Fakta Ini Akan Membuatmu Merasa Beruntung Punya Kulit Sawo Matang

Dengan pigmen kulit dominan yakni pigmen eumelanin (pigmen yang membuat kulit berwarna cokelat sampai hitam) dan pigmen karoten, kamu harusnye berbangga diri. Pasalnya bule-bule di luar negeri sana tentu iri dengan pigmen kulit yang kita punya, sebab mereka tidak mempunya pigmen kulit. Tak hanya itu, beberapa hal berikut pasti akan membuatmu semakin bersyukur memiliki kulit berwarna gelap:

  1. Terhindar dari resiko kanker kulit
    Kulit gelap tidak perlu takut paparan sinar ultra violet agar terhindra dari resiko kanker kulit
    Kulit gelap tidak perlu takut paparan sinar ultra violet agar terhindra dari resiko kanker kulit ~heathywomen.com

    Orang berwarna kulit putih atau biasanya dimiliki oleh orang Kaukasia atau orang bule cenderung lebih mudah untuk terkena kanker kulit daripada orang yang berpigmen gelap. Karena itu, setiap orang luar atau bule lebih tertarik untuk menghitamkan kulit mereka karena, kulit yang terlalu putih mudah terkena paparan sinar ultra violet yang sangat merusak jaringan sel kulit dan bisa menyebabkan kanker kulit yang sangat menganggu kesehatan tubuh manusia

  2. Tampak lebih awet mudaTampak selalu awet mudaKerutan, garis halus dan bintik-bintik hitam pada wajah adalah gejala terjadinya penuaan dini. Namun, pada orang berkulit gelap, hal ini justru lebih lambat terjadi jika dibandingkan dengan orang berkuit putih. Itulah sebabnya orang Indonesia selalu tampak lebih muda dibandingkan para bule di usia yang sama.
  3. Warna kulit tidak mudah terbakar
    Warna kulit tidak mudah terbakar.
    Warna kulit tidak mudah terbakar.

    Jika dobandingkan dengan orang berkulit sawo matang, kulit orang berkulit putih lebih mudah terbakar. Orang kulit putih tentu mengalami sunburn, sementara si kulit sawo matang paling bentar hanya mengalami pencokelatan kulit, dan hal ini terlihat makin eksotis tentunya.

  4. Pancaran auranya lebih hangatPancaran auranya lebih hangatDengan jumlah sel-sel melanosit yang sama pada setiap orang, si kuli sawo matang mempunyai melanosit yang mempu mengahsilkan melanini dalam jumlah bayak. Melanin inilah yang membuat warna kulit beraura hangat.
  5. Menangkal radikal bebasMenangkal radikal bebasRadikal bebas adalah salah satu yang menjadi penyebab kerusakan sel-sel manusia, menurut para ahli, melanin dalam jumlah banyak yang dihasilkan si kulit gelap dapat menangkal radikal bebas.
  1. Jadi incaran para pria buleJadi incaran para pria buleSatu lagi keuntungan mempunyai kulit sawo matang yang akan membuat para wanita berteriak kegirangan, yakni wanita pria-pria bule yang faktanya lebih tertarik dengan wanit berkulit bernuansa gelap. Karena bagi mereka, wanita berkulit sawo matang lebih seksi jika dibandingakan wanita bule.

Jadi, kini kamu tidak perlu lagi sibuk membandingkan dirimu dengan mereka yang mempunyai kulit berwarna cerah. Cukup dengan dipoles dengan riasan simple saja, pesona kecantikanmu bahkan dapat lebih menonjol.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.