7 Film Indonesia Yang Wajib Ditonton Peringati Hari Pahlawan

Selamat Hari Pahlawan! 10 November merupakan hari dimana seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan demi mengenang jasa-jasa para pahlawan mengusir penjajah. Peringatan Hari Pahlawan sendiri dilatar belakangi oleh kejadian 10 November di Surabaya. Dimana dengan gagah berani para pahlawan berusaha mengusir penjajah.

Selamat Hari Pahlawan!
Selamat Hari Pahlawan!

Hanya dengan bersenjatakan bambu runcing, para pahlawan tak gentar sekalipun ketika menghadapi penjajah dengan peralatan tempur lebih canggih. Peristiwa heroik di Surabaya tersebut salah satunya ditandai dengan perobekan bendera Belanda menjadi merah putih. Nah, demi mengenang jasa-jasa para pahlawan, sekaligus kilas balik bagaimana para pahlawan rela bertarung nyawa demi kemerdekaan Indonesia, para sineas tanah air mengabadikan kejadian tersebut dalam 7 film Indonesia memperingati Hari Pahlawan dibawah ini.

1. Battle Of Surabaya

Film Hari Pahlawan : Battle of Surabaya
Film Hari Pahlawan : Battle of Surabaya

Film animasi yang digarap oleh para animator dari Yogyakarta ini menjadi animasi pertama dari Indonesia yang digarap secara serius. Jalan cerita yang keren dengan efek animasi yang apik membuat film Battle Of Surabaya mendapat banyak dukungan dari dunia Internasional. Salah satunya dari Walt Disney.

Film Battle Of Surabaya mengisahkan tentang Musa, seorang penyemir sepatu yang membawa misi menyampaikan surat-surat rahasia. Di tengah pertempuran, Musa berjuang untuk menyelesaikan misi demi misi dalam mengantar surat. Baik itu dari tentara untuk keluarganya, maupun surat-surat penting dari milisi perjuangan.

2. Jenderal Soedirman

Film Hari Pahlawan : Jenderal Soedirman
Film Hari Pahlawan : Jenderal Soedirman

Terlepas dari kontroversi yang mengikuti, film Jenderal Soedirman yang dirilis pada bulan Agustus kemarin membawa pesan penting untuk memperingati perjuangan Indonesia. Menggandeng aktor-aktor papan atas tanah air, dengan Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman. Film ini menampilkan alur cerita perjuangan Jenderal Soedirman ketika bergerilya di hutan.

3. Guru Bangsa : Tjokrominoto

Film Hari Pahlawan : Guru Bangsa Tjokrominoto
Film Hari Pahlawan : Guru Bangsa Tjokrominoto

Film yang dirilis pada April 2015 lalu ini mendapat banyak sekali pujian. Salah satunya berkat akting apik dari Reza Rahadian yang berperan sebagai HOS Tjokrominoto. Film ini berfokus pada jalan hidup guru besar HOS Tjokrominoto yang berjuang bersama serekat Islam. Mengambil setting tahun 1800-an, film ini cukup detail melihat sisi lain dari hidup pahlawan bangsa.

4. Merah Putih

Film Hari Pahlawan : Merah Putih
Film Hari Pahlawan : Merah Putih

Merah Putih berkisah tentang perjuangan Amir, Tomas, Dayan dan Marius. Empat sahabat berbeda suku, latar belakang dan agama. Keempatnya sebelumnya bergabung di barak pelatihan yang sama. Sebelum Belanda menyerang dan meluluh lantakkan kamp tersebut. Amir, Tomas, Dayan dan Marius lantas bergabung dengan kelompok gerilya di hutan.

5. Soekarno

Film Hari Pahlawan : Soekarno
Film Hari Pahlawan : Soekarno

Meski cerita jalan hidup Soekarno di film ini banyak mendapat kontroversi, namun film Soekarno merupakan salah satu yang paling layak ditonton untuk memperingati Hari Pahlawan. Mengisahkan tentang bapak Kemerdekan Republik Indonesia, Soekarno digarap secara apik oleh sutradara Hanung Bramantyo. Dirilis pada tahun 2013 lalu, film ini bahkan memenangi penghargaan ASEAN International Film Festival And Awards 2015.

6. Tjoet Nja` Dhien

Film Hari Pahlawan : Tjoet Nja Dhien
Film Hari Pahlawan : Tjoet Nja Dhien

Film garapan Eros Djarot ini bisa dibilang merupakan film perjuangan terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Sutradara kawakan tersebut berusaha menghadirkan kisah otentik dari perjuangan seorang pejuang wanita asal Aceh, Tjoet Nja Dien. Pencapaian film ini pun tak main-main. Berkat kisah serta akting yang begitu apik, Tjoet Nja Dhien merebut 8 Piala Citra, termasuk kategori pemeran utama terbaik untuk Christine Hakim. Hingga menjadi film pertama dari Indonesia di ajang Cannes dan tampil di Oscar sebagai film asing terbaik.

7. Penghianatan G30S PKI

Film Hari Pahlawan : G30S PKI
Film Hari Pahlawan : G30S PKI

Meski disebut sebagai film propaganda Orde Baru, film Penghiantan G 30S PKI sebenarnya memiliki sisi kepahlawan yang layak untuk ditonton. Seperti judulnya, film ini mengisahkan kudeta Partai Komunis Indonesia. Serta perjuangan untuk bebas dari penjajahan negeri sendiri.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.