7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Tidur

Tidur tentunya menjadi rutinitas oleh manusia setiap harinya karena tidur itu sendiri dapat meningkatkan energi di dalam tubuh. Waktu tidur manusia pun bermacam-macam, tergantung dari tingkat energi yang telah dibuang.

Tidur

Dalam satu hari sebenarnya ada batas waktu yang menjadi titik untuk tidur, jika berlebih maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh dan begitu pula jika waktu tidur itu kurang sehingga tentu kamu harus tahu apa-apa saja yang harus dilakukan sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang bermanfaat.

1. Untuk Mendapatkan Tidur yang Bermanfaat Sebaiknya Kamu Cuci Tangan, Cuci Kaki, dan Menggosok Gigi.

Menggosok Gigi

Hal yang harus kamu lakukan sebelum tidur adalah mencuci tangan, mencuci kaki, dan menggosok gigi. Kenapa hal ini perlu ? karena sepanjang hari tangan dan kaki manusia sudah bersentuhan dengan benda-benda yang tidak diketahui kebersihannya. Tentunya mencuci tangan dan kaki itu sangat perlu untuk kebersihan sebelum tidur. Selain itu, menggosok gigi juga sangat penting untuk dilakukan sebelum tidur, mengapa ?. Bayangkan sepanjang harinya kamu memakan makanan yang pasti ada sebagian dari makanan hinggap di mulut kemudian sisa makanan tersebut “bermalam” didalamnya, tentu dapat menimbulkan penyakit. Kebersihan dapat membuat kamu nyaman untuk tidur.

2. Supaya Tidur Kamu Nyaman, Sebaiknya Segala Macam Perhiasan yang Melekat Pada Tubuh Dilepas.

perhiasan

Sebelum kamu tidur, ada baiknya segala macam perhiasan yang melekat pada tubuh dilepas dan diletakkan ditempat yang aman. Selain takutnya perhiasannya rusak, kenyamanan untuk tidur itu berpengaruh. Perasaan leluasa berpengaruh untuk tidur yang bermanfaat.

3. Pakai Pakaian yang Tidak Sempit Sebelum Tidur, Supaya Peredaran Darah Lancar.

Jeans

Ada baiknya sebelum tidur kamu mengganti pakaian yang tidak sempit supaya peredaran yang ada dalam tubuh berjalan lancar sehingga perasaanpun menjadi lebih bebas. Biasanya kalau sudah mager, jeans pun jadi untuk dipakai tidur. Tetapi, untuk lebih menjaga kesehatan lebih baik memakai pakaian yang tidak sempit, termasuk kutang yah.

4. Sebelum Tidur, Ada Baiknya Tempat Tidur Dibersihkan dan Dirapikan.

Tempat Tidur Rapi

Selanjutnya hal yang harus kamu lakukan adalah membersihkan dan kemudian merapikan tempat tidur. Sebenarnya hal yang utama adalah membuat dirimu nyaman sebelum tidur. Nah supaya nyaman, tempat tidur itu dibersihkan kemudian dirapikan.

5. Agar Lebih Sehat, Jauhkan Benda-Benda Elektronik yang Menghasilkan Radiasi dan Membahayakan Tubuh Kamu. Terutama Handphone!

Menjauhkan HP

Anak remaja jaman sekarang pasti tidak akan bisa lepas dari yang namanya segala macam gadget. Hal ini sebenarnya menjadi dampak yang negatif bagi kehidupan, selain bersifat adiktif, gadget dan termasuk HP dapat menimbulkan radiasi. Meskipun radiasi yang dipancarkan sedikit, tapi kalau sudah terbiasa kan jadi bukit. Jadi, sebaiknya sebelum tidur gadget apapun dijauhkan dari tempat kamu tidur.  

6. Supaya Hemat, Matikan Segala Macam Pencahayaan yang Tidak Perlu Saat Sebelum Kamu Tidur.

Matikan Lampu

Selain untuk hemat, lampu yang menyala saat tidur dapat mengganggu kamu tidur sehingga ada baiknya segala macam pencahayaan yang tidak perlu dimatikan. Tidur dikeadaan gelap ternyata juga dapat membuat tidur kamu lelap dan nyenyak, sehingga bermanfaat.

7. Dan Terakhir, Silahkan Berdoa.

Berdoa

Berdoalah sebelum tidur. Berdoa untuk tidur yang bermanfaat!

Iqbal Nugroho

Pria yang bernama Iqbal Haryadi putra bungsu dari clan Nugroho, berharap tulang rusukku kelak yang bisa merubah kebiasaan burukku perlahan