70 Tahun Bom Atom Hiroshima, Ini Kata Netizen

Beberapa hari lagi, Jepang akan memperingati peristiwa bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki ke 70 tahun. Pemerintah Jepang juga telah menyiapkan sebuah tenda putih besar di halaman taman Hiroshima Memorial Park untuk peringatan tersebt. Peringatan 70 tahun bom atom Hiroshima ini ternyata menarik netizen untuk membicarakannya.

Korban bom atom Hiroshima - tempo.co
Korban bom atom Hiroshima – tempo.co

Selama dua hari, 5 – 6 Agustus 2015, sedikitnya 93.885 kicauan di Twitter membicarakan tragedy pengeboman Kota Hiroshima dan Nagasaki. 14.906 diantara tweet tersebut, pengguna akun Twitter membahas tentang bom atom di Hiroshima.

Jepang sendiri telah menyiapkan upacara peringatan 70 tahun bom atom Hiroshima yang akan digelar di Hiroshima Memorial Park. Selain upacara, beberapa program juga telah dirancang untuk memperingati peristiwa yang melukai tak hanya fisik, tapi juga hati warga Jepang ini.

Tragedi bom atom Hiroshima menelan banyak korban jiwa, meskipun beberapa korban selamat. Peristiwa mengenaskan ini menjadi perbincagan di Twitter dengan jumlah 3.555 tweet. Di Jepang, orang yang selamat dari tragedy bom atom Hiroshima disebut dengan ‘Hibakusha’.

Iqbal Nugroho

Pria yang bernama Iqbal Haryadi putra bungsu dari clan Nugroho, berharap tulang rusukku kelak yang bisa merubah kebiasaan burukku perlahan