Bikin Sedih Campur Kesal, Alasan Anggun C Sasmi ‘Tak Indonesia’ Lagi

Anggun C. Sasmi belum lama ini memancing kesedihan sekaligus rasa kesal dari para warganet. Mereka langsung meluapkan emosi usai membaca alasan sang biduan berpindah kewarganegaraan.

Baca Juga: Para Penggemar Siap-siap Patah Hati, 6 Artis Ini Bakal Menikah di 2018

Anggun C. Sasmi merupakan salah satu penyanyi yang prestasinya sangat membanggakan. Ia adalah satu dari segelintir biduan Tanah Air yang mampu menaklukkan kerasnya persaingan industri musik Eropa dan bahkan Amerika Serikat.

Beberapa album yang ia rilis cukup diminati di benua biru, khususnya di Prancis, tempat tinggalnya sekarang. Bahkan Anggun pernah didapuk mengisi album soundtrack untuk film Hollywood, The Transporter, yang dibintangi aktor terkenal Jason Statham.

Namun demikian, semua sukses yang diraih Anggun itu tak datang dengan sekedar membalikkan telapak tangan. Bahkan ia dipaksa meninggalkan Indonesia pada 1994 untuk membuat karirnya naik level.

Pada 1994, Anggun memutuskan hijrah ke Prancis. Di sana ia mendapat kesempatan bertemu dengan seorang produser besar, yang kemudian berhasil melambungkan namanya hingga kini.

Anggun pun kemudian memutuskan untuk berpindah kewarganegaraan menjadi warga Prancis. Keputusan ini banyak mengundang kecaman. Ia dianggap tak nasionalis.

Namun demikian, ternyata ada alasan kuat di balik keputusan Anggun tersebut. Hal itu ia ungkapkan dalam sebuah wawancara dengan majalah PlayBoy, yang kemudian diunggah oleh akun Instagram Makrumpita.

Foto: Instagram Mak Rumpita

Anggun menjelaskan bahwa semua sukses yang ia raih sekarang terjadi tanpa bantuan dari pemerintah Indonesia.

Ia sempat mengadu ke KBRI, untuk mendapatkan kemudahan mengurus visa guna melancarkan kegiatan promosi ke berbagai negara. Namun Anggun justru mendapatkan penolakan.

Foto: Instagram Mak Rumpita

Selain itu, Anggun juga merasa dirinya dilecehkan oleh media Indonesia. Dalam satu kesempatan, sang artis pernah kembali ke Tanah Air untuk mempromosikan album Snow in Sahara.

Foto: Instagram Mak Rumpita

Namun ia terkejut ketika para jurnalis mengajukan pertanyaan padanya dalam bahasa Inggris. Anggun merasa bahwa orang-orang menilai dia seperti ‘kacang lupa kulitnya’ dan sudah ‘tak Indonesia lagi’.

Anggun pun akhirnya memutuskan berganti kewarganegaraan, karena merasa bahwa hal tersebut akan lebih bisa memuluskan perjalanan karirnya di masa mendatang.

Foto: Instagram Mak Rumpita

Ia juga menolak jika dianggap tak nasionalis. Bagi Anggun, terlalu sempit rasanya jika hanya menilai nasionalisme seorang hanya dari sebuah buku paspor kecil yang cuma terdiri dari stempel dan beberapa lembar kertas.

Penjelasan panjang lebar Anggun tersebut lantas memancing derasnya komentar dari para pengguna Instagram. Mereka merasa salut dengan sang artis, namun sekaligus sedih dengan perjuangan yang ia lalui, dan juga marah terhadap sikap pemerintah serta jurnalis.

Akun ayuwijaya07 menulis: Ya gitulah Indonesia ga akan pernah maju jika semua orang berkomentar tanpa harus dipikir. Maju terus ka @anggun_cipta.

Sementara akun vannyalley_mc menyatakan: Sampai kapanpun @anggun_cipta tetap idolakuuuuuuuu so proud of you!!!!!! Jangan dengar kata mereka.. teruslah berkarya…….

Baca Juga: Bikin Gerah! 10 Deretan Pose Seleb Hot Mom Kala Jalani Pemotretan

Akun raihanalfatah31 mengomentari : Kok jd kyk pak Jokowi ya… diluar disanjung, didalam dicaci. Smg mba anggun & pak Jokowi selalu dlm lindungan Tuhan YME…. Aamiin.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.