Ini Alasan Hakim Putuskan Jessica Bersalah Serta Vonis 20 Tahun

Setelah melalui proses peradilan yang panjang, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akhirnya menjatuhkan vonis bersalah kepada terdakwa kasus kematian Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso. Dalam vonis yang dijatuhkan Kamis (27/10) siang itu, Jessica divonis hukuman 20 tahun penjara.

Menurut majelis hakim, Jessica dianggap bersalah dan memenuhi unsur dalam Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pembunuhan Berencana.

“Menyatakan terdakwa Jessica Kumala Wongso, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana. Menjatuhkan pidana 20 tahun penjara,” ucap Ketua Majelis Hakim Kisworo seperti dikutip Beranda dari Kompas.com.

Vonis yang dijatuhkan hakim itu sama dengan tuntutan jaksa, yakni 20 tahun penjara sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 340 KUHP.

Hukuman berat ini dijatuhkan hakim dengan pertimbangan terdakwa Jessica terbukti membuat Wayan Mirna Salihin meninggal dunia, perbuatan keji dan sadis. Selain itu terdakwa tidak pernah menyesal, tidak mengakui perbuatannya.

Meski begitu majelis hakim juga melihat ada hal yang meringankan karena terdakwa masih berusia muda.

Jessica menjadi tersangka tunggal dalam kasus kematian Mirna. Kejadiannya saat itu Mirna meninggal setelah meminum es kopi vietnam yang dipesan Jessica di Kafe Olivier pada 6 Januari 2016.

Dari hasil pemeriksaan Puslabfor Polri diketahui bahwa Mirna meninggal karena keracunan sianida. Sejumlah saksi dan bukti kemudian mengarah kepada Jessica hingga ia dituntut 20 tahun hukuman penjara oleh jaksa penuntut umum.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.