Album Baru IU “Chat-shire” Tersandung Banyak Kontroversi – Dituding Plagiat Hingga Pedofilia

Album baru IU, Chatshire dirilis pada akhir Oktober lalu. Sayangnya, sejak dirilis hingga saat ini, album Chatshire tersandung sederet kontroversi. Mulai dari salah satu track lagu yang dinilai mendukung pedofilia hingga dituding sebagai plagiat.

Album terbaru IU penuh kontroversi
Album terbaru IU penuh kontroversi

Chat-Shire merupakan album pertama yang diproduseri oleh penyanyi solo papan atas Korea Selatan, IU. Di album Chat-Shire ini terdapat 7 track lagu yang kesemuanya diciptakan dan dinyanyikan oleh IU. Sejak dirilis beberapa pekan lalu, Chat-Shire sudah mendulang sukses. Lagu utamanya, Tweenty Tree dan Shoes merajai chart musik di Korea Selatan. Namun di sisi lain, bukan hanya kesuksesan Chat-shire yang menjadi perhatian. Tapi juga kontroversi yang hadir.

Salah satu lagu di album Chat-Shire yang berjudul Zeze dinilai mendukung pedofilia. Lirik lagu tersebut mengisahkan seorang anak laki-laki kecil yang terlihat lugu namun seksi. Lirik lagu yang bermakna seksual ini dianggap tak layak digunakan bila IU ingin mengisahkan tentang anak laki-laki berumur 5 tahun.

Poster Zeze pun dinilai hasil plagiat
Poster Zeze pun dinilai hasil plagiat

Selain itu, cover lagu yang digunakan IU untuk Zeze pun dinilai adalah hasil duplikat. IU, yang dikisahkan menjadi pohon memiliki banyak hiasan dengan simbol-simbol di rambutnya. Poster ini dianggap merupakan duplikat dari Angela Kohler “Lost Things” yang dirilis pada 2010 lalu.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.