Alex Komang dan Penampilan di Film Terakhirnya “Tjokroaminoto”

Alex Komang, aktor senior yang tutup usia dua bulan lalu pada Jumat, 13 Februari 2015. Ia tutup usia pada saat usia 53 tahun dan penyakit kanker hati menjadi diagnosis terakhirnya di rumah sakit Dr. Kariadi, Semarang pada saat itu. Sebelum ia menderita sakitnya, seorang Alex Komang mendedikasikan karya terakhirnya sebagai aktor di sebuah film biopik sejarah. Adalah “Tjokroaminoto” besutan Garin Nugroho.

alex komang di film terakhirnya tjokroaminoto
alex komang di film terakhirnya tjokroaminoto—twitter official tjokroaminoto

Film terakhir yang dibintangi Alex Komang ini merupakan kisah drama biopik dari tokoh sejarah bangsa Indonesia yang hidup pada masa Hindia Belanda, berlatar tahun 1800-an. Mengisahkan Tjokroaminoto, maha guru para pendiri bangsa Indonesia dan menjadi panutan banyak pendiri bangsa Indonesia. (Baca: Film-film Indonesia yang Wajib Ditonton Bulan April).

Alex Komang pada film terakhirnya berperan sebagai Hasan Ali Surati. Ia adalah seorang saudagar kaya keturunan India yang sebagai orang pertama bersama tokoh utama, Tjokroaminoto, masuk ke organisasi Sarekat Islam di Surabaya.

Seorang Hasan Ali Surati juga merupakan pendiri dari Perkumpulan Manikem dan awal mulanya memperkenalkan Tjokroaminoto dengan empat pengurus SI lainnya. Juga ia berhasil mengajak Tjokroaminoto dan resmi menjadi anggota SI untuk kemudian menjadi ketua cabang di Surabaya. Kelak pun Hasan Ali Surati bakal memegang keuangan dalam surat kabar terbitan SI, yaitu Oetusan Hindia.

hasan ali surati tjokroaminoto
hasan ali surati tjokroaminoto—twitter official tjokroaminoto movie

9 April bakal menjadi tanggal perilisan film biopik Guru Bangsa Tjokroaminoto di seluruh bioskop tanah air. Garin, sang sutradara, pun memperjelas bahwa tontonan ini berharap bisa jadi inspirasi. “Beliau tokoh politik bangsa. Tapi tak hanya soal pemikiran politik saja yang diangkat. Di sini juga saya menampilkan pemikiran Tjokro, yang telah memengaruhi mulainya sejarah film Indonesia. Semoga kisah beliau bisa menjadi inspirasi bagi kita semua,” ungkapnya.

Baca juga: Trailer Resmi Film Biopik Sejarah “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” Karya Garin Nugroho

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.