Anak 90’an? Yuk, Nostalgia Zaman SD Dulu!

Banyak yang mengatakan, masa kuliah adalah masa dimana anda mulai serius akan tujuan hidup, masa SMA adalah masa dimana anda akan merasakan indahnya kekompakan dan persahabatan, dan masa SMP adalah masa dimana anda bisa merasakan ‘cinta monyet’ untuk pertama kalinya. Namun, seringkali dilupakan fakta bahwa tidak ada masa yang paling indah selain masa-masa sewaktu masih SD, terlebih anak yang lahir tahun 90 an. Ya, zaman SD tahun tersebut merupakan zaman dimana seorang anak benar-benar merasakan indahnya hakikat menjadi anak-anak saat itu, tanpa campur tangan era modern.

Anda generasi tahun 90an? Yuk, Nostalgia sebentar~provoke-online.com
Anda generasi tahun 90an? Yuk, Nostalgia sebentar~provoke-online.com

Sebelum beranjak ke usia yang lebih tinggi, ada baiknya anda flashback ke memory terindah anda saat masih SD, saat dimana teknologi bukan menjadi sesuatu yang memisahkan kehidupan sosial anda dengan lingkungan sekitar. Berikut beberapa memory yang kami rangkum jadi satu, untuk anda generasi tahun 90 an:

1. Isu Pulpen Narkoba.

Isu pulpen narkoba menjadi trending topic ketika SD dulu~lizasouvenir.blogspot.com
Isu pulpen narkoba menjadi trending topic ketika SD dulu~lizasouvenir.blogspot.com

Ya, isu yang satu ini mungkin masih sangat jelas di memory, bagi anda generasi 90 an ketika zaman SD. Pulpen yang memiliki bau harum, mirip permen karet tersebut, terkena isu jika didalam tintanya mengandung zat narkotika yang bisa membahayakan. Tentunya, sebagai anak-anak yang masih kurang pemahaman, kita hanya dapat menerima isu tersebut tanpa mengetahui kebenarannya. Padahal, dulu sering saling tukar dengan teman karena wanginya yang kadang berbeda, serta desainnya sang unik.

2. Alat Tulis Yang Unik

Uniknya alat tulis anak SD dulu~kaskus.co.id
Uniknya alat tulis anak SD dulu~kaskus.co.id

Selain adanya pulpen narkoba dengan desain yang unik, zaman SD dulu berbagai macam perangkat tulis unik lainnya masih dapat kita temukan. Pensil inul, penggaris gelang, penghapus buah, pensil isi ulang dan masih banyak benda lainnya. Bahkan ada pula penghapus yang dikatakan dapat menghapus tulisan dari tinta pulpen, sungguh ajaib yah masa-masa itu.

3. Aksesoris Sekolah Yang Keren

Jika memakai barang-barang tersebut, anda dianggap gail sewaktu SD~tokobundaonline.com
Jika memakai barang-barang tersebut, anda dianggap gaul sewaktu SD~tokobundaonline.com

Pernah memakai sepatu yang menyala pada alasnya? atau pernah memakai tas yang memiliki roda seperti koper, bahkan mungkin anda pernah memakai sepatu yang sudah dilengkapi roda? Berarti anda termasuk anak keren dan modis jaman SD dulu. Ya, barang-barang tersebut biasanya dipakai oleh anak-anak yang berkecukupan dan di cap gaul oleh anak lainnya. Tapi, jangan salah, karena biasanya anda juga boleh meminjam aksesoris kawan anda yang memiliki barang-barang tersebut saking asyiknya bermain bersama.

4. Bersih-bersih Kelas = Cepat Pulang?

Dulu bersih-bersih kelas sangat disenangi~dahliakemalasariserang.blogspot.com
Dulu bersih-bersih kelas sangat disenangi~dahliakemalasariserang.blogspot.com

Kalo sang ibu guru atau wali kelas sudah mengumumkan bersih-bersih kelas, biasanya para murid akan bersorak kegirangan, kenapa? karena biasanya jadwal pelajaran hari itu akan berlangsung singkat, alias ditiadakan. Malah beberapa siswa sudah nekat pulang tanpa bersih-bersih, yang kalau ditanya oleh orang tua, jawabannya adalah “Guru-guru lagi rapat Ma/Pa, jadi pulangnya cepat” sungguh kreatif!

5. Mobil putih, Seragam Putih, Saatnya Suntik Imunisasi

Suntik imunisasi menjadi hal yang ditakutkan~min2plg.blogspot.com
Suntik imunisasi menjadi hal yang ditakutkan~min2plg.blogspot.com

Nah, ini moment yang sangat dihindari oleh sebagian besar anak SD generasi 90 an, walau mungkin sampai sekarang tradisi imunisasi tersebut masih berlanjut. Jika sudah melihat orang-orang berseragam putih keluar dari mobil putih dan menjinjing box obat, maka bersiap-siaplah menghadapi mimpi buruk sesaat itu. Beragam ekspresi dapat terlihat dari wajah-wajah siswa, ada yang mulai menangis, ada yang sok berani tapi ingin menangis, ada yang takut sampai berteriak-teriak, dan ada juga yang nekat melompat keluar jendela, sekali lagi, generasi 90 an sangat kreatif!

6. Mobil Jeep = Mobil Penculik

Mobil ini seringkali dianggap mobilnya penculik~sarungbanmobil.blogspot.com
Waktu SD mobil ini seringkali dianggap mobilnya penculik~sarungbanmobil.blogspot.com

Jika sebelumnya mobil putih rumah sakit menjadi penyebab trauma, maka mobil jeep adalah penyebab ketakutan terbesar anak SD yang lahir tahun 90 an. Entah karena pengaruh film Sherina, ataupun banyaknya rumor yang beredar tentang kendaraan tersebut, mobil jeep sering kali disimbolkan sebagai mobil yang sering digunakan oleh penculik untuk menculik anak-anak SD, terlebih yang sering pulang sendirian. Jadi, jika sudah melihat adanya mobil jeep dari jauh, biasanya anak SD generasi 90 an akan melakukan apa saja, asalkan tidak menemui mobil tersebut.

7. Sering Tukar Menukar Kertas Binder

Tukar menukar binder pun sering dilakukan~silumancapung.blogspot.com
Tukar menukar binder pun sering dilakukan~silumancapung.blogspot.com

Diantara berbagai macam trend anak SD tahun 90 an, tukar menukar kertas binder menjadi trend sendiri kala itu. Terkadang diisikan oleh biodata masing-masing, kertas warna-warni nan unik tersebut sering di tukarkan kepada pemilik kertas binder lainnya untuk menambah koleksi. Bahkan ada kabar bahwa, jika sudah mengumpulkan beberapa seri kertas binder yang berbeda, akan ada hadiah untuk anak yang mengoleksinya.

8. Terima Raport! Ayo Makan-makan

Ini moment yang sering ditunggu-tunggu waktu SD~sekolahtriratna.com
Ini moment yang sering ditunggu-tunggu waktu SD~sekolahtriratna.com

Nah, mendekati liburan semester, biasanya raport dibagikan terlebih dahulu. Moment itu sendiri begitu dinantikan, karena terdapat tradisi makan-makan sesama warga kelas saat SD. Bukan menjadi masalah jika nilai raport kurang memuaskan, tapi yang penting moment kebersamaan dan keceriaan menyambut libur sekolah sangat terasa kala itu. Piring-piring guru pun terisi oleh berbagai macam makanan yang dibawa oleh para siswa. Inilah moment yang tentunya sangat berkesan selama SD saat itu.

9. Liburan! Nonton dan Main Sepuasnya

Kalau liburan, bisa main sepuasnya bersama teman~cuilicious.wordpress.com
Kalau liburan, bisa main sepuasnya bersama teman~cuilicious.wordpress.com

Ini salah satu moment yang ditunggu-tunggu oleh anak SD tahun 90 an, liburan. Biasanya kalau sudah memasuki waktu liburan, stasiun tv akan berlomba-lomba menayangkan film-film favorit khas liburan untuk dijadikan tontonan, dan anda bisa menontonnya sepuas hati. Selain bebas menonton acara favorit di stasiun TV, moment liburan juga menjadi waktu dimana anak-anak bebas bermain tanpa terbebani adanya PR yang menunggu untuk dikerjakan.

10. Kembali Ke Sekolah

Kembali ke sekolah bersama teman juga sangat dinanti~ianmedan.files.wordpress.com
Kembali ke sekolah bersama teman juga sangat dinanti~ianmedan.files.wordpress.com

Moment ini juga jadi moment yang paling ditunggu-tunggu selain makan-makan saat menerima raport. Kembali ke sekolah setelah liburan, biasanya anak-anak SD tahun 90 an akan dilengkapi dengan aksesoris dan perangkat sekolah yang baru, mulai dari celana, baju, sepatu, tas, perlengkapan tulis, dan lainnya. Tentunya, semuanya terkadang dipamerkan ke sesama teman yang juga dilengkapi seragam dan perangkat tulis baru, ya walapun ujung-ujungnya seragam tersebut akan kotor jika sudah bermain bersama. Terkadang juga, siswa merasa kangen untuk kumpul bermain bersama teman, ikut upacara, dan juga pulang bersama. Sungguh menyenangkan bukan?

Bersyukurlah anda generasi 90 an yang masih sempat mengecap manis dan bahagianya jadi siswa SD kala itu. Dibandingkan sekarang, anak-anak SD zaman dulu lebih menikmati indahnya menjadi anak-anak sesuai umurnya, bukan menjadi pecandu gadget, internet dan semua pengaruh teknologi yang terlalu memanjakan serta merubah identitas mereka sebagai anak-anak.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.