Animator Pemula Di Jepang Digaji 9000 Dollar per Tahun

Kementrian Kebudayaan Jepang bersama dengan Asosiasi Kreator Animasi Jepang (Janica) baru baru ini melakukan studi baru mengenai kondisi kerja, pendapatan rata-rata, dan jam kerja para animator yang baru terjun ke industri animasi di Jepang. Penelitian ini melibatkan 759 animator untuk disurvei.

Penelitian ini melaporkan bahwa rata-rata parda animator muda ini bekerja 11 jam setiap harinya, dan di-antara para animator yang kebanyakan di antaranya berada di usia 20-an, bisa memperoleh penghasilan tahunan sekitar 1,1 juta yen (sekitar 9.200 USD). Di-antara animator adalah posisi entry-level di industri anime, dan rata-rata pendapatan ini tidak termasuk kepada animator di posisi yang lebih tinggi atau yang lebih berpengalaman.

Gaji Animator Jepang 9200 USD per tahun ~ www.wsj.com
Gaji Animator Jepang 9200 USD per tahun ~ www.wsj.com

Juru bicara Janica dan direktur animasi Osamu Yamasaki (Toward Terra, Hakuōki, Hakkenden: Eight Dogs of the Eas) mengatakan, “Saya tahu kerja animator sangat keras, terutama untuk para animator muda Jika kita tidak merawat animator yang menjanjikan ini kelak idustri ini berisiko menjadi tidak berkelanjutan.”

Janica telah melakukan penelitian serupa pada 2009 dengan hasil yang hampir sama. Yamasaki memperingatkan orang untuk tidak terlalu dini menarik kesimpulan studi itu. Dia mengatakan bahwa kenaikan gaji sebagai animator yang dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi seperti animator kunci dan direksi animasi.

Animator Sachiko Kamimura (City Hunter, film Doraemon) juga menarik perhatian kondisi kerja industri awal tahun ini, menyatakan bahwa pendatang baru bekerja dengan upah mulai dari sekitar 120 yen (US $ 1) per jam. Namun, Noriyuki Fukuda (D.Gray-man, Lupin III vs Detective Conan The Movie) mengatakan bahwa tingkat kenaikan gaji sebanding dengan kerja yang lebih rinci untuk para animator berpengalaman.

Janica akan membuat studi baru mengenai masyarakat dalam waktu dekat. Badan ini juga berencana menggelar simposium untuk meningkatkan perhatian pada kondisi kerja para animator muda.

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.