April Fools Day: Beberapa Hoax yang Menghebohkan Massa Besar-besaran

April Fools Day yang jatuh 1 April ini, memang tak sepopuler dengan budaya valentine, khusunya di Indonesia ini. Namun diluar sana, kehebohan yang tercipta selama April Fools day ini diklaim lebih seru dibandingkan dengan perayaan Valentine. Bagaimana tidak jika hari ini kita bebas berbuat jahil kepada orang lain.

April Fools Day, saat kamu bebas untuk berbuat jahil kepada teman dan sahabatmu~idiva.com
April Fools Day, saat kamu bebas untuk berbuat jahil kepada teman dan sahabatmu~idiva.com

Tak hanya itu, pemerintah pun pernah berbuat jahil dan meciptakan hoax untuk memperingati April Fools day ini. Tak tanggung tanggung, media raksasa bereputalitas dan terkenal, juga pernah terlibat untuk menciptakan kejailan dan hoax yang heboh ini. Dan inilah beberapa Hoax yang mengebohkan massa besar-besaran untuk peringati April Fools Day.

Panen Spaghetti di Swiss

Panen Spaghetti di Swiss  hoax heboh  April Fools day
Panen Spaghetti di Swiss sebagai salah satu hoax heboh April Fools day~food.ndtv.com

Salah satu yang terkenal mungkin saja adalah hoax panen spaghetti yang dan diklaim sebagai salah satu yang tersukses. Tak tanggung-tanggung, yang mnciptakan Hox ini adalah BBC, salah satu media tertua dan terkenal di seantero dunia. Pada tanggal 1 April 1957, mereka menyiarakan tayangan televisi selama 3 menit yang mengklaim bahwa telah terjadi panen spaghetti di Swiss. Lucunya, setelah itu BBC banyak menerima telpon dari orang-orang yang mengaku menanam spaghetti mereka di halaman.

Smell O Vision

Smell o Vision hoax heboh April Fools day
Smell o Vision sebagai salah satu hoax heboh April Fools day~www.tigerdirect.com

Di tahun 1965, BBC kembali membuat kehebohan dengan malakukan interview pada seseorang yang mengaku telah membuat alat, agar penonton bisa mencium aroma yang keluar dari acara TV yang ditontonya. Untuk membuktikan hal tersbeut, orang ini kemudian membuat sup bawang dan meminta penonton di rumah untuk menelpon jika mereka mencium aroma sup tersebut. Uniknya, saat acara ini berlangsung pihak BBC menerima banyak sekali telpon yang mengklaim mereka mencium bau sup dari televisi tersebut.

Efek Gravitasi Jovian-Plutonian

Efek Gravitasi Jovian-Plutonian  hoax heboh April Fools Day
Efek Gravitasi Jovian-Plutonian sebagai salah satu hoax heboh April Fools Day~blog.easytobook.com

Kali ini, radio BBC-lah yang membuat kehebohan dengan menyiarkan sebuah program di tahun 1976. Tak tanggung-tangung, seorang astronomer terkenal bernama Sir patrick Moore terlibat dalam hoax ini. Moore mengumumkan bahwa hari itu Plenet Pluto dan Bumi akan berada dalam orbit rotasi yang sejajar. Katanya, hal ini akan menimbulkan efek gravitasi yang unik bagi manusia bumi. Karena kejadian ini sangat langka sekali, Moore kemudian meminta pendengar untuk melompat dari tempat mereka masing-masing guna merasakan efek ini. Hasilnya? Tentu saja ratusan ribu orang mengklaim tertipu dengan hoax ini.

Hoax untuk mengerjai presiden Nelson Mandela

Telpon untuk presiden Nelson Mandela hoax heboh April Fools Day~mirthinablog.comheboh April Fools Day
Telpon presiden Nelson Mandela jadi salah satu hoax heboh April Fools Day~mirthinablog.comheboh April Fools Day~blog.easytobook.com

Bahkan almarhum Nelson Mandela pernah jadi korban hoax untuk memperingati April Fools day ini. Hal ini berawal saat presenter radio di Inggris, berpura-pura menyamar menjadi perdana menteri Tony Blair dan menelpon presiden Nelson Mandela. Siaran yang sempat berlangsung beberapa menit ini kemudian dihentikan ketika telpon diputus secara sepihak dari pihak presiden Mandela.

Mumi peri yang hebohkan internet

Mumi peri hoax heboh April Fools day
Mumi peri yang hebohkan internet sebagai salah satu hoax heboh April Fools day~mirror.co.uk

Internet pun tak luput menjadi ajang dimana orang bisa menyebarkan hoax dengan cepat di zaman modern ini. Salah satunya yang paling terkenal mungkin saja adalah seseorang yang menjual sesuatu yang dikliamnya sebagai mummi seorang peri. Mummi dengan panjang 7 inchi tersebut kemudian ditawarkan dan dijual di situs, Lebanon Circle Magik Co. dengan harga 280 euro. Setelah ratusan ribu tawaran yang masuk, sang pengiklan kemudian membuka fakta bahwa yang dilakukanya hanya sebagai bentuk pranks untuk April Fools Day

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.