Banksy Membuat Grafitti Menggambarkan Steve Jobs

Pembuat grafitti terkenal di dunia, Banksy, membuat sebuah grafitti baru untuk mendukung pengungsi Syria dengan menggambarkan Steve Jobs. Karya seninya menggambarkan kesuksesan penemu Apple dengan baju andalannya dengan menggendong karung di bahunya dan komputer tua di tangannya yang lain.

Banksy membuat grafitti yang mendukung pengungsi Syria (foto:varietylatino.com)
Banksy membuat grafitti yang mendukung pengungsi Syria (foto:varietylatino.com)

“Kami sering percaya bahwa migrasi itu menghabiskan sumber daya negara tetapi Steve Jobs merupakan anak dari migran Syria. Apple adalah perusahan dunia yang paling menguntungkan, mereka membayar lebih dari 7 milyar dollar setahun hanya untuk pajak dan itu hanya ada karena mereka membiarkan seorang anak muda (Steve Jobs) dari yang tak punya rumah.” Tutur Banksy saat menjelaskan karya seninya.

Ayah biologis Steve Jobs, Abdul Fattah Jandali dibesarkan di Syria. Dia merupakan aktifis dan meninggalkan tanah kelahirannya ke Lebanon dimana dia belajar di Amercian University di Beirut. Kemudian dia migrasi ke Amerika Serikat setelah sebuah protes dilayangkan dan memaksa dia untuk pergi ke Amerika Serikat. Kemudian dia bertemu ibu kandung Steve Jobs, Joanne Carol Schieble, di Winsconsin dan meninggalkannya sebelum Steve Jobs dilahirkan kemudian akhirnya diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs.

Dalam beberapa minggu terakhir, semenjak penyerangan teroris di Paris, pengungsi Syria menjadi topik populer yang didebatkan untuk tidak memperbolehkan mereka masuk ke Amerika Serikat.