Begini Bedanya Perayaan Halloween Dulu dan Kini

Pada setiap eranya perubahan akan selalu terjadi. Pun begitu halnya dengan menyikapi perayaan Halloween yang pada generasi kekinian mulai mengalami perubahan. Beranda akan mengulas di artikel ini mengenai perbedaannya dalam hal perayaan pada masa dulu dan masa kini.

Ya, meski perayaan Halloween tersebut adalah berasal budaya dari Barat. Tidak begitu salah kan untuk sekadar melihat atau malah ikut menyemarakkannya. Bermaksud turut serta bersenang-senang sekalian bila ingin.

Trick or Treat

berkeliling Trick or Treat
http://www.flickr.com/photos/komunews/

Dulu: “Trick or Treat” sambil berkeliling ke tetangga
Beberapa tahun lalu, anak-anak berkeliling sambil mengetuk pintu dari satu rumah ke rumah lainnya. Mereka mengisi keranjang labu plastik dengan permen dan coklat yang didapat dari tetangga.

Kini: “Trick or Treat” di jalan utama
Namun, sekarang tidak banyak orang tua yang membiarkan anak pergi berkeliling. Orang tua lebih memilih membawa anak mereka ke toko-toko untuk membeli permen atau coklat.

Permen dan Cokelat

permen halloween
http://www.flickr.com/photos/befuddledsenses/

Dulu: Permen bertebaran di mana-mana
Permen dan cokelat menjadi hal lumrah di setiap perayaan Halloween. Dan dulu pun berlimpah. Para orangtua seperti tidak keberatan dengan permen dan cokelat yang begitu banyak.

Kini: Berhatilah dengan Kesehatanmu
Halloween di masa sekarang, tampaknya para orangtua sudah mulai sadar kesehatan. Mereka tidak membiarkan anak-anaknya terlalu banyak mengonsumsi makanan manis-manis tersebut, yang banyak mengandung gula dan kalori. Alhasil, para orangtua memilih alternatif lain dengan memberikan mainan saja.

Kostum Halloween Seksi

jkt48 kostum halloween
Dulu: Kostum Halloween seksi
Halloween memang bisa menjadi hari Anda menuangkan kreatif dalam berkostum. Perayaan Halloween dulu-dulunya, dengan kostum halloween yang seksi, hanya dipakai oleh kalangan dewasa saja.

Kini: Kostum Halloween seksi … untuk anak-anak?

Enak kenapa, beberapa tahun terakhir, seringkali terlihat anak-anak atau remaja yang berdandan sebagai kucing seksi atau superhero dengan pakaian yang mini.

Ucapan Happy Halloween

perayaan kostum halloween
http://www.flickr.com/photos/sparklig/

Dulu: Happy Halloween, 31 Oktober
Dulu jamak untuk ucapan yang dirayakan setiap tanggal 31 Oktober itu adalah Happy Halloween atau Selamat Halloween!

Kini: Happy Character Day (Selamat Hari Karakter)!
Tapi kini, ucapan tersebut kadang telah berganti menjadi seperti `Pajama Day`, `Costume Day`, atau `Orange and Black Day`. Hal ini terjadi karena beberapa sekolah melarang anak murid untuk berdandan ala Halloween.

Buah Labu

buah labu halloween
http://www.flickr.com/photos/fabiovenni/

Dulu: Mengukir Labu
Buah labu adalah kekhasan tersendiri di setiap perayaan Halloween. Seperti buah yang harus wajib. Dengan buah labu tersebut, dahulu kala anak-anak akan mengukir kekreativitasannya dengan cara mengukir buahnya.

Kini: Melukis Labu
Dikarenakan, apabila dengan mengukir labu, memungkin anak-anak bermain pisau saat perayaan Halloween. Maka sekarang lebih sering ditemui mempercantik labu dengan cara melukisnya. Jadi, akan lebih aman jika mereka dibiarkan melukis labu dibandingkan mengukir labu.

Artikel tentang ini pernah dipublikasikan dalam bahasa Inggris di abcnews.go.com. Beranda melakukan translasi ulang dan melakukan penggubahan seperlunya ke dalam bahasa Indonesia.

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.