Begini Cara Ayushita Pupuk Jiwa Nasionalisme

Tak terasa, sebentar lagi rakyat Inodensia ramai-ramai akan merayakan hari bersejarah lahirnya bangsa ini. Tepat pada 17 Agustus 2015, Ibu Pertiwi akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-70. Lantas, sudah seberapa nasionalisme diri kita? Banyak cara untuk menjaga rasa nasionalisme kita terhadap bangsa ini. Salah satunya seperti yang dilakukan artis cantik, Ayushita.

Begini Cara Ayushita Pupuk Jiwa Nasionalisme. ~ hanas.co
Begini Cara Ayushita Pupuk Jiwa Nasionalisme. ~ hanas.co

Ayushita mengatakan jika dirinya selalu mengenakan batik jika menghadiri berbagai macam acara. Hal tersebut dia lakukan sebagai wujud bangga sebagai warga negara Indonesia dan demi tetap menanamkan nasionalisme dalam jiwanya. “Aku pasti pakai batik setiap hari batik atau pun nggak hari batik. Itu cara aku menerapkan nilai nasionalisme,” ungkap salah satu personil Bukan Bintang Biasa (BBB) ini.

Kecintaannya terhadap pakaian asli Indonesia ini membuat dirinya memiliki banyak pakaian batik. Hal ini pun yang membuat Ayushita gemar dan cinta mengenakan batik yang berbeda dalam setiap acara yang berbeda pula. “Aku punya koleksi batik, walau pun nggak mengerti banget sih artinya batik. Aku kan keturunan Jawa, setiap motif kan ada arti-artinya. Ada yang buat upacara, berduka dan lainnya. Hal-hal kayak begitu unik, dan kita perlu tahu,” lanjutnya.

Dengan demikian, wanita 26 tahun tersebut sedang mencoba mengerti makna dari berbagai motif batik dari tiap-tiap daerah yang akan menjadi warisan pusaka bangsa Indonesia, “Supaya nggak saltum (salah kostum). Mungkin ada makna khusus di baliknya. Itu salah satu hal kecil yang bisa kita tunjukkan kalau kita care sama negara kita,” pungkasnya.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.