Begini Tutorial Lengkap Bagaimana Non-Aktifkan Video Autoplay di Facebook

Pada artikel sekarang ini Beranda mau bikin tutorial khusus bagi kamu yang gemar bermedia sosial Facebook. Tutorial ini tentang gimana sih caranya mematikan video di beranda Facebook yang putar otomatis. Nah, di sini kami akan ulas buat matiin video otomatis Facebook itu.

facebook video

Diketahui sendiri kan Facebook baru-baru ini bikin pembaruan. Di pembaruan ini di beranda atau newsfeed-nya jadi kayak Instagram gitu. Kalau di Instagram kan jika ada pengguna yang unggah video, maka video itu otomatis berputar tanpa pengguna perlu buat kliknya. Nah yang begitu itu diterapin juga di berandanya Facebook.

Positifnya video di beranda Facebook putar otomatis sih pengguna nggak perlu repot-repot klik buat play videonya. Pengguna tinggal scrolling newsfeed dan lihat video yang diunggah teman-temannya.

Negatifnya, ya, selamat! Kuota internet kamu bakal cepat habis! Kamu akan terperdaya tayangan hiburan di newsfeed dan bakal mengabaikan kuota di paketan internetanmu. Tentu hal ini nggak bermasalah buat yang bandwidth gitu nggak terbatas. Tapi kalau yang fakir gimana?

Selain itu efek negatif lainnya yakni jika kamu pengguna ponsel. Baterai ponsel bakal cepat terkuras apabila terlalu asyik nikmatin tayangan di video-video yang kini makin merajalela itu.

Untuk cara mematikan autoplay video Facebook itu sebenarnya ada setting-an biar kamu bisa menonaktifkannya. Simak yuk!

1. Mematikan video autoplay Facebook lewat desktop / komputer

non aktifkan autoplay video facebook lewat desktop
non aktifkan autoplay video facebook lewat desktop

Dari laman Facebook, klik “Option”. Menu tersebut ada di bagian kanan atas dengan iconberbentuk gambar panah yang mengarah ke bagian bawah. Kemudian, klik “Settings” dan pilih “Videos” yang ada di bagian kiri layar.

Dari menu “Videos”, cari “Auto-play Videos”, dan pindahkan pilihan dari “Default” ke “Off”

2. Mematikan video autoplay Facebook lewat Android / iOS

turn off video facebook lewat smartphone
turn off video facebook lewat smartphone

Ada beberapa pilihan autoplay untuk kedua perangkat tersebut, yakni “On”, “WiFi Only”, dan “Off”.

Jika pengguna memilih “On”, maka jumlah paket data yang digunakan tergantung dengan seberapa lama ia menyaksikan video. Apabila pengguna men-scroll laman melewati video di linimasa, video tersebut secara otomatis akan berhenti. Jika pengguna menggunakan WiFi, tidak ada paket data yang digunakan.

Buka aplikasi Facebook, tekan tombol “Menu”, pilih “App Settings”, cari “Videos Play Automatically”, kemudian pilihlah “Off” jika ingin mematikannya.

Begitulah caranya biar kuota, bandwidth, dan baterai ponsel kamu nggak boros cuma gegara fitur video Facebook yang satu ini. Bagaimana? Sudah mencoba? Semoga berhasil, yak!

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.