Bintang ‘Star Trek’ Grace Lee Whitney Meninggal Dunia

Aktris yang terkenal karena berperan sebagai Janice Rand dalam film science-fiction ‘Star Trek’ meninggal dunia pada Jumat 1 Mei waktu California di rumahnya di Coarsegold, California. Grace Lee Whitney yang terkenal karena perannya sebagai yang mulia Yeoman Janice Rand pada “Star Trek” baik di film maupun serial TV aslinya pada tahun 1966, meninggal pada usia 85. Anaknya, Jonathan Dweck mengkonfirmasi berita duka ini pada hari Minggu.

Grace muncul di delapan dari tiga belas episode “Star Trek” musim pertama di mana ada banyak ketegangan seksual antara karakter yang diperankannya dan Kapten William Shatner, James T. Kirk. Dia kemudian tiba-tiba diputus kontrak, meninggalkan penggemarnya dan menjadi misteri besar selama bertahun-tahun.

Bintang Star Trek Grace Lee Whitney Meninggal Dunia ~ photobucket.com
Bintang Star Trek Grace Lee Whitney Meninggal Dunia ~ photobucket.com

Dalam sebuah wawancara 2011,Grace menjelaskan, “Ada adegan yang Shatner dan saya lakukan – dan saya ingat ketika itu terjadi -. Yang takut adalah produser, karena mereka mengatakan, ‘Uh-oh, mereka mendapatkan terlalu dekat ini semakin terlalu panas. Kami harus menghilangkan dia karena dia akan terlihat seperti dia curang ketika ia jatuh cinta dengan wanita lain di planet lain.” ujarnya kala itu.

Namun, ketika ‘Star Trek’ terlahir kembali sebagai film di tahun 1970-an, Grace kembali ke “Star Trek”, mengulangi perannya sebagai Janice Rand yang telah menerima promosi ke Kepala Petty Officer di “Star Trek The Motion Picture”. Dia juga muncul di “Star Trek III: The Search for Spock” pada tahun 1984, “Star Trek IV: The Voyage Home” pada tahun 1986, “Star Trek VI: The Undiscovered Country” pada tahun 1991 dan “Star Trek: Voyager” pada tahun 1996.

Grace mengungkapkan dalam buku 1998 nya “The Longest Trek: Tour My Galaxy” bahwa dia diserang secara seksual oleh seorang eksekutif di Desilu, perusahaan produksi di balik “Star Trek”, yang menyebabkan dia menderita penyalahgunaan narkoba dan alkohol selama bertahun-tahun sebelum kembali kehidupan normalnya.

Meninggalnya Grace, menambah duka bagi keluarga besar ‘Star Trek’ setelah sebelumnya Leonard Nimoy yang memerankan Mr. Spock meninggal dunia di akhir Februari lalu. Film terbaru dari “Star Trek” yang dibintangi Chris Pine, Zachary Quinto, Zoe Saldana, Simon Pegg dan Idris Elba dengan judul “Star Trek 3” akan tayang di bioskop AS pada tanggal 8 Juli 2016.

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.