Cabuli Remaja Pria, Saipul Jamil Terancam Diboikot dan Dikebiri?

Mengaku mencabuli remaja pria dibawah umur, karier pedangdut Saipul Jamil berada di ujung tanduk. Pasalnya muncul wacana untuk memberikan sanksi sosial bagi mantan suami Dewi Persik. Salah satu sanksi sosial yang mungkin akan diterapkan pada bang Ipul adalah ditutup aksesnya sebagai selebritis, atau diboikot menajdi seorang artis dan pedangdut.

Terlibat pencabulan, apa hukuman yang pantas untuk pedangdut ngetop Saipul Jamil?~ www.merdeka.com
Terlibat pencabulan, apa hukuman yang pantas untuk ngetop Saipul Jamil?~ www.merdeka.com

Tak hanya itu Ipul juga sempat terancam dikebiri secara bilogois, seperti wacana yang pernah diutarakan olah banyak pihak kepada para tersangka predator anak. Namun Reza Indragiri Amriel, pakar psikologi forensik mengatakan hukuman kebiri tidak akan cocok untuk para predator anak seperti Saipul Jamil. Reza Indragiri mengatakan bahwa menjadi predator anak tak ada hubunganya dengann hormon kelamin seseorang.

“Kejahatan seksual bukan persoalan alat vital dan hormon, melainkan lebih pada mindset (psikis). Predator bisa memakai instrumen apapun untuk beraksi,” tukas Reza. Jika kebiri secara biologis dirasa tidak cocok lalu hukuman apa yang pantas diterima Ipul, jika memang dirinya terbukti di pengadilan telah mencabuli anak dibawah umur?

Reza menyarankan agar karier keartisan Saipul Jamil lebih baik diputus atau dihentikan saja. Reza menyarankan agar semua pihak menutup akses keartisan untuk Saipul Jamil. Ini artinya Ipul kemungkinan besar akan diboikot menjadi seorang selebritis atau pedangdut. Reza mengklaim hukuman yang tepat bagi pedangdut ini adalah sanksi soaial, bukan kebiri seperti yang jadi wacana banyak orang.

“Pidana dan sanksi sosial berupa penutupan akses ke dunia keartisan,” kata Pakar Psikolog Forensik Reza Indragiri Amriel. Apakah ini pertanda kareir Saipul jamil bakal tamat sebagai pedangdut dan selebritis? Yang jelas posisi Saipul Jamil memang makin sulit dan tersudut pasca mengakui mencabuli remaja pria dibawah umur dikarenakan kekhilafanya.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.