Cara Mencari Android Yang Hilang Oleh Google

 

Kehilangan ponsel pintar (smartphone)  atau gadget memang tidak bisa dihindari. Terlebih lagi saat kehilangan, para perngguna biasanya pasrah saat ia mendapati smartphone mereka tidak akan kembali. Biasanya kasus ini terjadi dalam pencopetan atau pencurian.

Google memberi alternatif untuk android yang hilang ~gapteker.com
Google memberi alternatif untuk android yang hilang ~gapteker.com

Hilangnya smartphone, tentu membuat kita kesal. Namun, Google rupanya mengeluarkan solusi untuk mencari smartphone yang hilang, khususnya utuk ponsel Android. Dikutip dari Phone Arena, pada Kamis hari ini, Google menyediakan fitur pencari yaitu find my phone. 

Caranya  tak rumit, hanya pengguna cukup mengakses Google pada dekstop komputer dan menanyakan posisi ponsel dengan mengetikkan find my phone, pada kotak pencarian.

Saat kita mengetikkan find my phone pada kotakmaka sebuah peta akan menampilkan di mana posisi tepatnya ponsel yag hilang. Pengguna kemudian diminta untuk mengklik pada ikon Ring pada bagian kiri bawah layar, maka Goole akan membuat ponsel Anda berdering selama lima menit dengan volume maksimal.

Tentu saja saat bordering keras akan mengundang perhatian di sekitar posisi ponsel pengguna. Namun, alternatif yang disediakan Goolgle ini bisa berfungsi apabila pengguna telah menginstal aplikasi handal find my phone pada ponsel kita.

Sedangkan untuk mengantisipasi data pada ponsel yang hilang, Android telah menyediakan fitur untuk penghapus data melalui Android Device Manager. Sekitar 30 juta pengguna Android telah menggunakan fitur ini pada Android Device Manager.

Pada Android Device Manager memungkinkan pengguna menghapus data pada ponsel yang hilang dari jarak jauh. Data yang dihapus termasuk data penting misalnya menghapus PIN pengguna. Hal ini bertujuan agar pencuri tidak bisa menyalahgunakana data milik pengguna yang berada di ponsel tersebut.

 

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.